Breaking

Teknik Ayam Aduan Yang Berkualitas

 
 
 
Teknik Ayam Aduan Yang Berkualitas – Untuk menilai kualitas ayam aduan yang berkualitas bisa dilihat dari teknik bertarungnya. Begitu pula setiap orang pasti memiliki cara yang beragam untuk menilai kualitas ayam aduan. Ada sebagian orang yang menilai hanya dengan melihat ciri fisik dari ayam dan ada pula yang menilai kualitas ayam dengan melihat teknik bertarungnya. Pada artikel ini akan saya jelaskan mengenai teknik-teknik ayam aduan yang sangat populer di masyarakat.
 
Teknik-teknik ayam aduan di antaranya adalah:

Teknik Pukulan Satu

Teknik pukulan satu atau biasa dikenal dengan teknik ayam pukul tembak. Yaitu adalah pukulan yang dilesatkan hanya sesekali. Biasanya ayam tipe ini cenderung jarang melakukan serangan dan hanya sesekali menyerang, akan tetapi pukulan yang dilesatkan ayam tipe ini sangatlah berbahaya dan bisa memberikan efek yang luar biasa terhadap lawannya. Teknik ini dominan dimiliki oleh ayam tahan pukul dan memiliki stamina yang sangat tahan. Dengan pukulan yang kuat ini akan membuat lawan yang terkena pukulan menjadi terkejut dan syok. 
 

Teknik Kunci Pukul (Loc)

Kunci pukul (Loc) adalah dimana ayam menyerang dengan mengunci lawan dengan dorongan serta lilitan leher dan kemudian baru diiringi dengan serangan. Kelebihan ayam kunci dapat membuat lawan kesulitan dalam melakukan pergerakan serta membuat lawan kesulitan untuk menyerang. Teknik ini biasanya dimiliki ayam yang memiliki otot kaki dan otot leher yang bagus yang didorong stamina yang baik. Sangat banyak dari penghobi adu ayam senang dengan ayam yang teknik Pukul Kunci, karena permainan ayam jenis ini sangat menarik ibarat melakukan sebuah tarian. 
 

Teknik Pukulan Seri

Pukulan seri yaitu dimana ayam dapat melakukan pukulan dengan cepat dalam waktu singkat. Dalam sekali ayam mematuk lawannya dapat melontarkan pukulan sebanyak dua sampai tiga kali dan bahkan bisa lebih. Ayam dengan teknik ini biasanya pukulannya kurang akurat alias ngawur. Tapi tidak menuntut kemungkinan semua ayam jenis ini tidak akurat, bisa saja akurat. 
 

Teknik Pukul Janggut

Teknik pukul janggut atau biasa dikenal dengan ayam nyedot. Yaitu dimana ayam mematuk bagian bawah kepala lawan (janggut) kemudian ditarik atau didorong baru melontarkan pukulan keras dari arah depan. Ayam dengan teknik ini dikenal sangat agresif dan tidak lama menjatuhkan lawan. Biasanya ayam jenis ini memiliki pukulan yang kuat dari arah depan. Akan tetapi kebanyakan ayam jenis ini hanya mengandalkan pukulan dari depan saja (susah melakukan pukulan dari samping/kencong)
 

Teknik Pukul Dongkrak

Teknik pukul dongkrak adalah pukulan yang dilakukan setelah ayam mendongkrak lawannya. Maksut dari dongrak yaitu dimana ayam masuk di antara kaki lawan kemudian mengangkatnya dan melontarkan serangan. Pukulan dongkrak ini termasuk pukulan yang sulit untuk dihindari, kebanyakan dari lawan akan kebingungan bila terkena dongkrakan.


Teknik Ortodok (Ngonyor)

Teknik ngonyor (ortodok) adalah teknik tarung yang paling polos atau tanpa aturan. Ayam hanya maju kedepan dan biasanya tidak menghindar bila dipukul lawannya. Tapi jangan menganggap teknik ini jelek. Keunggulan dari teknik ini adalah, biasanya ayam yang memiliki teknik ngonyor kebanyakan tahan pukul atau mental baja. Ayam ngonyor akan memukul apabila sudah dipukul dan bahkan pukulannya bisa lebi keras dan lebih rapat. Dan bukanlah tidak mungkin ayam dengan teknik ini bisa memenangkan pertarungan.
 
Pada  dasarnya teknik yang dimiliki ayam aduan memiliki kelebihan dan kekurangan yang kemudian akan kembali lagi kepada ayam itu sendiri. Apabila ayam yang memiliki teknik yang bagus dan kemudian didukung dengan darah keturunan juara pastinya akan lebih bagus dan berkualitas.