Breaking

Pakan Ayam Aduan Umur 3 Bulan Agar Tumbuh Optimal

 Pakan Ayam Aduan Umur 3 Bulan Agar Tumbuh Optimal – Bagus tidaknya kualitas ayam dipengaruhi oleh faktor perawatan yang dilakukan sejak dini. Pentingnya seorang peternak dapat mengetahui pakan yang paling baik untuk ayam aduan umur 3 bulan ke bawah. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan agar anak ayam dapat tumbuh secara optimal.
Pakan Ayam Aduan Umur 3 Bulan Agar Tumbuh Optimal
Memang merawat ayam aduan usia muda bisa dibilang gambang-gampang susah. Jika salah saat proses perawatan bisa-bisa ayam rusak dan justru menjadi ayam yang tidak berkualitas.
Umumnya kebanyakan botoh memberikan pakan ayam aduan umur 3 bulan hanya dengan voer (konsentrat). Tapi apakah itu cukup? Pada dasarnya saat ayam berusia 3 bulan ke bawah para peternak harus lebih teliti dalam pemberian pakan.

Berikut Adalah Daftar Pakan Ayam Aduan Umur 3 Bulan Ke Bawah

#1 Berikan Pakan Voer

Bagi ayam yang baru menetas hingga ayam berumur 2 bulan bisa deberikan voer 592 (pakan khusus ayam aduan). Pakan ini sangat bagus untuk anak ayam, karena memiliki ukuran yang kecil sehingga mudah untuk dicerna.
Ketika tahap ini sebaiknya ayam jangan diberikan pakan yang aneh-aneh, cukup berikan voer dan sesekali anda bisa memberinya nasi. Selain itu, agar ayam aduan bisa tumbuh lebih optimal anda bisa memberikan asupan mineral yang baik. Mineral bisa berupa vaksin atau obat-obatan yang berguna menyehatkan dan menguatkan daya tahan tubuh anak ayam.
Selanjutnya setelah ayam adauan berumur di atas 3 bulan anda bisa mengganti pakan dengen voer 594 yang memiliki ukuran lebih besar dari voer 592. Memang hingga saat ini voer masih menjadi pakan terbaik untuk ayam aduan, tapi agar lebih hemat anda bisa juga melakukan kombinasi pakan.

#2 Berikan Pakan Kombinasi Voer

Bagi anda yang beternak ayam aduan dalam skala besar sangat penting untuk membuat pakan yang bisa menghemat biaya. Tujuannya adalah agar biaya pakan tidak memberatkan anda sehingga bisa untung lebih banyak.
Untuk alternatif penghematan pakan ayam aduan umur 3 bulan ke bawah, anda bisa mengkombinasikan voer dengan pakan lain. Tapi anda harus tahu bahwa anak ayam yang bisa diberikan tambahan jenis pakan lain harus berumur di atas 1 bulan. Alasannya karena ayam yang berumur di bawah 1 bulan sangat rentan akan kematian.
Jenis pakan yang cocok untuk campuran voer diantaranya adalah nasi, beras jagung, menir, dedak, ampas tahu dan lain-lain.  Kemudian cara pemberiannya bisa dalam bentuk pakan kering atau bisa juga dalam bentuk basah (menggunakan air).

Sedikit Ulasan Cara Merawat Ayam Aduan Umur 3 Bulan Ke Bawah

Agar ayam aduan bisa tumbuh secara optimal tidak hanya dipengaruhi oleh pakan. Akan tetepi anda juga harus benar-benar memperhatikan bagaimana perawatan ayam muda yang baik dan benar.
Setelah ayam menetas
Anak ayam yang baru menetas sebaiknya dipisahkan dengan induknya dan dimasukan ke dalam kandang bok. Tujuannya adalah untuk menghindari risiko kematian serta mempermudah proses perawatan.

#1 Berikan Pencahayaan Lampu 

Kandang bok sebaiknya dilengkapi dengan pencahayaan yang cukup. Tujuannya agar ayam lebih aktif di malam hari, sehingga pertumbuhan ayam akan jauh lebih cepat. Selain itu lampu akan menghangatkan ayam, cara ini lebih baik dibandingkan membiarkan anak ayam bersama induknya.

#2 Berikan Pakan dan Minum 

Anda bisa memberikan pakan sesuai dengan pakan yang sudah kami jelaskan di atas. Kemudian untuk air minum anda bisa menambahkan campuran vaksin dan beberapa tambahan vitamin. Hal ini sangat perlu dilakukan agar ayam cepat tumbuh dan menjadi ayam berkualitas.

#3 Pisahkan Anak ayam Ketika Mulai Bertarung

Biasanya anak ayam mulai bertarung satu sama lain ketika menginjak usia 3 bulan. Hal ini akan menyebabkan menurunya mental ayam dan ayam akan kurang mendapatkan pakan karenah kalah bersaing. Anda harus memisahkan ayam yang mulai bertarung, tujuanya adalah untuk menghindari persaingan bertahan hidup pada anak ayam.
Nah itulah sedikit pembahasan dari kami mengenai pakan ayam aduan  umur 3 bulan agar tumbuh optimal. Memang untuk menghasilakan ayam bangkok berkualitas kita harus benar-benar memperhatikan ayam sejak dini. Kami cukupkan dan kami akhiri tulisan ini, semoga berguna dan bermanfaat. Salam damai botoh Indonesia…
Image by: fresheggdaily.com
Baca Juga :
loading...