Breaking

Mengungkap Ayam Aduan Dari Negara Dengan Julukan Bunga Mawar

 
Pastinya bagi para penggemar ayam aduan sudah tidak asing apabila ditanya mengenai ayam vietnam atau di indonesia biasa dikenal dengan sebutan ayam saigon. Yah, tentunya tahu bukan berarti paham dengan ayam aduan trah saigon ini. Untuk itu pada kesempatan kali ini penulis akan mengulas lebih mendalam mengenai ayam aduan dari Negara Vietnam ini. Ayam yang biasa kita kenal dengan nama saigon ini merupakan ayam aduan yang diimpor dari Vietnam yaitu salah satu negara di Asia Tenggara.

Berdasarkan berbagai sumber ayam saigon masuk ke indonesia sekitar tahun 1998 setelah indonesia melakukan hubungan baik dengan negara vietnam. Seiring berjalannya waktu ayam trah saigon ini mendapatkan respon positif dari para penghobi ayam ayam aduan. Bahkan untuk saat ini semakin banyak orang yang menggunakan ayam ini untuk digunakan sebagai ayam aduan dan juga digunakan sebagai persilangan dengan ayam lain. 

Ciri ayam vietnam atau saigon hampir mirip dengan ayam kampung lokal baik babon ataupun jantan. Perbedaan yang sangat menonjol dari ayam saigoon adalah bagian kepala dan leher yang tidak tumbuh bulu serta warna kulit yang terlihat sangat merah. Secara tidak langsung ayam saigon bisa dibilang hampir mirip dengan ayam kalkun dan mungkin memang sudah lumrah apabila disebut sebagai ayam gundul.

Dari bentuk tulangan  ayam saigon memiliki bentuk tulangan yang besar dan kokoh dan memiliki daging lebih padat yang menyebabkan ayam aduan jenis ini menjadi tahan pukul, kemudian kelebihan lain dari ayam saigon ialah memiliki gaya bertarung bervariasi. Untuk mengenali gaya tarung ayam vietnam atau saigon bisa dibedakan ke dalam tiga kategori yaitu teknik tarung kualitas rendah, teknik tarung kualitas sedang dan teknik tarung kualitas tinggi. 

Untuk ayam saigon dengan teknik tarus yang rendah akan lebih bersifat ngawur layaknya ayam yang tidak memiliki teknik. Kemudian untuk kualitas sedang ayam akan lebih terlihat memiliki teknik tarung yang bagus dan lebih bervariasi. Selanjutnya untuk ayam saigon kualitas tinggi akan lebih memiliki kelebihan seperti teknik bagus, gaya bermain bervariasi, pukulan keras dan daya tahan bagus. Untuk ayam saigon yang berkualitas bagus bukan tidak mungkin untuk memenangkan pertarungan meski dengan ayam trah lain seperti birma atau bangkok.

Meskipun ayam saigon memiliki banyak kelebihan seperti yang dijelaskan di atas, namun teknik bertarung yang dimiliki ayam saigon masih dianggap di bawah ayam trah bangkok dan birma, bahkan banyak dari penghobi ayam aduan menganggap ayam saigon sebagai ayam buta teknik. Akan tetapi di samping itu ayam ini apabila disilangkan dengan jenis ayam aduan lain akan memungkinkan menghasilkan keturunan yang bagus.