Breaking

Jenis Ayam Aduan Yang Paling Populer Tahun 2018


1. Ayam Bangkok / Thailand
Ayam Bangkok dari Tahiland menempati peringkat pertama dalam daftar susunan 5 besar ayam laga di Indonesia sepanjang tahun 2017. Ia merupakan ayam laga favorit yang paling banyak digunakan oleh para pemain judi sabung ayam di Indonesia. Ia memiliki banyak kelebihan dibandingkan ayam laga jenis lainnya. Kelebihannya yang paling nyata terlihat adalah teknik tarungnya yang handal. Hal inilah yang membuatnya menjadi ayam yang paling banyak digunakan dalam laga sabung ayam  2017 di Indonesia.
2. Ayam Birma / Myanmar
Posisi kedua disabet oleh ayam laga dari negara Myanmar. Ia merupakan jenis ayam kampung asli di Myanmar negara asalnya. Ayam laga yang terkenal dengan ayam Birma ini memiliki teknik dan gaya tarung yang liar, cepat dan sangat lincah. Karena kecepatannya ia dijuluki ayam setan di tempat asalnya. Ia memiliki bentuk badan yang lebih kecil dibandingkan ayam Bangkok, namun kecerdikan dan kecepatannya di atas ayam Bangkok. Tak heran jika dalam laga ia juga bisa menaklukkan ayam Bangkok.
Keunggulannya membuat banyak peternak dan pemain sabung ayam mengawin silangkannya dengan ayam bangkok, dengan harapan dapat menghasilkan keturunan berbentuk badan tegap besar namun cerdik, lincah dan cepat.
3. Ayam Saigon / Vietnam
Ayam dengan ciri kepala plontos / gumdul yang berhasil menempati peringkat ketiga ini berasal dari negara Vietnam. Ayam yang dikenal dengan ayam Saigon ini sebenarnya masuk ke Indonesia lebih dahulu dibandingkan dengan ayam Birma. Namun ketenarannya baru mulai beberapa tahun terakhir ini. Dalam laganya ia terkesan layaknya ayam bodoh dengan gaya tarung ortodoknya yang kaku namun ia terkenal memiliki tulangan yang besar dan kuat, itu yang membuatnya sangat tahan pukul. Selain itu pukulannya sangat kuat dan terarah.
Di Indonesia sekarang ini, ayam Saigon yang paling dicari dan paling banyak digunakan sebagai ayam laga di arena pertarungan adalah ayam Magon (hasil silangan Saigon x Birma) dan ayam Mathai (hasil silangan Magon x Bangkok).
4. Ayam Pakhoy
Ayam Pakhoy yang menduduki peringkat ke 4 ini termasuk ayam laga generasi modern. Ayam laga ini dihasilkan oleh para peternak sabung ayam  dengan harapan dapat menandingi ayam Birma yang sempat merajai arena sabung ayam saat itu. Dan upaya para peternak berhasil, ayam jenis baru ini sanggup dan dapat menaklukan kecepatan ayam Birma. Maka munculah julukan penumpas setan untuk ayam Pakhoy ini.
Sementara di Indonesia sendiri, nama ayam Pakhoy meroket semenjak botoh Indonesia dari peternakan Javatoya Rich Farm membawa ayam jenis Pakhoy dengan nama Dragon Killer merebut juara 1 di Thailand sebanyak 2x.
5. Ayam Kampung / Indonesia
Peringkat ke 5 ditempati oleh ayam laga dari bumi nusantara Indonesia. Ia merupakan ayam kampung asli Indonesia. Dengan bentuk tubuh yang lebih kecil dibandingkan ayam Bangkok, ia tergolong ayam yang gesit dan cepat dalam laga. Tak heran jika ayam kampung Indonesia ini lebih banyak digunakan dalam laga sabung ayam taji, laga yang menggunakan pisau kecil sebagai taji dan bertarung hingga mati.
Meskipun sekarang sudah banyak ayam laga yang memiliki gaya tarung cepat namun bagi sebagian besar pemain ayam aduan di Indonesia ayam kampung tetap menjadi pilihan mereka. Hal ini dikarenakan mereka sudah menganggap menggunakan ayam kampung sebagai ayam laga merupakan tradisi budaya yang sudah turun temurun dari zaman dahulu.
Baca Juga :
loading...