Breaking

Cara Ternak Ayam Bangkok Sukses


Ayam bangkok adalah jenis ras ayam yang berasal dari negara Siam Thailand yang saat ini telah populer di Indonesia. Perlu diketahui jika ternak ayam bangkok aduan merupakan investasi yang menjanjikan untuk masa depan. Mengapa demikian? Ya memang begitulah yang dirasakan oleh banyak orang yang telah terjun dan menekuni bisnis ini. Memang jika dibayangkan dan kebanyakan orang menyimpulkan dan menganggap ternak ayam bangkok merupakan hal yang sepele. Tapi cobalah untuk membayangkan perkembangan teknologi di masa sekarang dan hal tersebut bukanlah sesuatu yang tidak mungkin. Contohnya saja saat ini banyak sekali orang-orang sukses dari bisnis-bisnis yang dianggap sepele, misalnya bisnis burung, ayam hias, kucing, dan masih banyak lagi. Kenapa demikian? Jawabannya sudah saya sampaikan di atas dan yang perlu digaris bawahi adalah perkembangan teknologi.


 
Kita harus mengkaji  lebih dalam dulu bahwa perkembangan teknologi telah merubah cara pemasaran dan lebih memudahkan seseorang pembisnis untuk melakukan transaksi. Akibat hal itu, seorang pembisnis dapat dengan mudah memasarkan produk-produk yang akan dijual, misalnya seseorang peternak ayam Bangkok akan dengan mudah memasarkan ayam-ayamnya lewat iklan di internet, media sosial, forum-forum  dan sebagainya. Hal ini jelas sangat berbeda dengan zaman dulu yang harus susah payah mencari pelanggan secara konvensional. 
 
Jadi dengan kata lain, di era sekarang bukanlah hal yang sulit untuk memasarkan produk-produk yang dianggap sepele itu, seorang pembisnis bisa dengan mudah mencari konsumen yang tepat sasaran dan juga sebaliknya konsumen bisa mencari penyedia barang yang terpercaya.
 
Penjelasan di atas adalah gambaran singkat dari prospek bisnis ayam Bangkok yang menjanjikan, untuk selanjutnya mari kita bahas hal-hal apa saja yang harus dilakukan untuk memulai bisnis ternak ayam Bangkok.
 

Memilih Bibit Unggulan

Bibit atau Induk adalah faktor utama yang akan menjadi penentu bagaimana untuk ke depannya. Ibarat seorang petani akan memanen hasil yang memuaskan jika tanamannya berasal dari bibit yang bagus dan dibarengi perawatan yang baik. Jadi memilih bibit adalah langkah awal untuk melangkah ke depan. Untuk dalam hal mencari bibit anda bisa langsung mencarinya kepada orang-orang yang prefesional atau ahli dalam bidang ayam Bangkok. Misalnya mencari pada peternak-peternak ayam Bangkok atau para penghobi yang benar-benar paham akan kualitas ayam Bangkok. 
 
Yang perlu diingat bahwa ayam Bangkok sangat berbeda dengan ayam-ayam lain. Yang menentukan harga jual ayam Bangkok adalah teknik, gaya tarung, stamina dan pukulan yang sangat berbeda dengan ayam-ayam lainnya. Jadi sebakin baik kualitas ayam Bangkok maka harganya pun akan semakin mahal. Karena pada dasarnya dalam bisnis ayam Bangkok yang akan menjadi sasaran pasar adalah para penghobi dan para botoh (penyabung) dan yang mereka lihat adalah kualitas dari ayam Bangkok itu sendiri. 
 
 

Membuat Kandang

Sebelum membuat kandang pastinya sudah  terpikirkan atau sudah memiliki lokasinya, misalnya lahan lapang di belakang rumah  atau sejenisnya. Kandang adalah faktor kedua yang harus dipenuhi, sebelum memulai ternak ayam Bangkok peternak harus terlebih dahulu memiliki kandang atau rumah bagi sang ayam dimana nantinya akan berguna untuk proses perkawinan dan perawatan. 
 
Kandang-kandang yang harus disediakan di antaranya:

Kandang Umbaran

Kandang umbaran adalah kandang yang digunakan untuk mengumbar dan untuk proses perkawinan ayam. Baiknya berukuran minimal 1×1,5 meter. 
 

Kandang Box

Kandang box atau persegi adalah kandang yang digunakan untuk perawatan ayam yang sudah berumur 5 bulan ke atas. Jadi dengan kandang box ini berguna untuk memisahkan ayam yang telah berumur di atas 5 bulan agar memudahkan untuk proses perawatan. Ukuran kandang bisa dibuat dengan ukuran lebih kurang 70×80 cm agar ayam bisa leluasa bergerak.
 

Kandang box kecil

Kandang box kecil ini terbuat dari papan atau triplek dan dibuat agak rapat. Kandang ini digunakan untuk merawat anak ayam yang baru menetas. Anak ayam yang baru menetas harus diberi perawatan khusus, karena pada usia ini tubuh anak ayam masih lemah dan mudah sekali mati.
 
Itulah sedikit gambaran mengenai hal-hal yang harus dilakukan untuk memulai ternak ayam Bangkok. Kunci sukses seseorang adalah ketekunan. Semoga bermanfaat.