Breaking

Aternatif Membuat Racikan Pakan Ayam Bangkok Paling Hemat



Sebagai seorang peternak anda harus bisa mengirit pengeluaran biaya, maka anda wajib tahu bagaimana alternatif membuat racikan pakan ayam bangkok yang bergizi dan pastinya hemat. Pasti sahabat-sahabat sekalian sudah memiliki jurus jitu untuk membuat racikan pakan sendiri yang istimewa.
Tapi masalahnya, apakah pakan yang anda berikan sudah benar-benar sesuai? “Pas untuk ayam belum tentu pas di kantong”. Nah, mungkin bagi anda yang hanya memelihara satu atau dua ekor ayam pasti sering melupakan masalah biaya. Tapi bagaimana dengan mereka yang memang menekuni bisnis ternak ayam? Jelas mereka harus lebih memperhatikan anggaran belanja pakan.
Saya sendiri sering mengalami kesulitan untuk memenuhi pakan ayam, walaupun saya hanya memelihara 8 ekor jago dan 3 ekor betina. Dulu saya sering menjual ayam karena kandang penuh dan sebab biaya yang terlalu mahal. Akan tetapi setelah sekian lama akhirnya saya menemukan alternatif membuat racikan pakan ayam aduan paling hemat.

Aternatif Membuat Racikan Pakan Ayam Bangkok Paling Hemat

Sebenarnya ada banyak sekali jalan yang bisa anda tempuh untuk menghemat pakan ayam tanpa mengurangi asupan gizi ayam. Jadi sangat baik untuk memberikan selingan pakan bagi ayam bangkok.

Cara Membuat Kombinasi Pakan Ayam Aduan Paling Irit Biaya

Ada banayak sekali bahan-bahan yang bisa dijadikan sebagai tambahan asupan gizi bagi ayam, seperti umbi-umbian, ampas tahu, dedak, menir dll. Daftar pakan ini apabila dikombinasikan dapat mengirit pakan hingga 50%.
Ini adalah beberapa bagian penting yang perlu anda koreksi:
  • Apakah anda selalu memberikan pakan dengan posrsi yang banyak?
  • Apakah anda sudah benar-benar memperhatikan pakan yang diberikan?
  • Apa waktu pemberian pakan yang anda lakukan sudah benar?
  • Apakah anda sering mengabaikan pakan murah yang sebenarnya kaya akan nutrisi?
Nah, dari beberapa pertanyaan di atas pasti anda langsung bisa mengoreksi apa saja yang sudah anda lakukan dan yang belum anda lakukan. Jadi kesimpulanya, ayam bangkok tidak harus selalu diberi pakan jagung, beras merah dan gabah saja. Tapi perlu juga diberikan  jenis pakan lainnya agar zat-zat yang dibutuhkan ayam dapat tercukupi.

Cara Membuat Racikan Pakan Ayam Bangkok Aduan Usia 0-3 Bulan

Ayam yang baru menetas sebaiknya diberikan pakan berupa voer atau konsentrat. Tapi setelah ayam berusia satu bulan anda sudah bisa memberikan jenis pakan lainnya.
Berikut adalah beberapa racikan pakan anak ayam yang bisa anda coba:
1. Mengombinasikan voer (konsentrat) dengan Nasi
Caranya cukup mudah, anda hanya perlu mencampurkan voer dengan nasi putih, lalu disiram dengan air. Aduk hingga merata, selanjutnya diamkan hingga mengembang.  Nah, selanjutnya pakan sudah bisa diberikan kepada anak ayam.
2. Mengkombinasikan voer (konsentrat) dengan berbagai jenis pakan
Anda bisa mencampurkan voer dengan berbagai jenis pakan seperti ampas tahu, dedak, menir jagung, tepung ikan dll. cara ini akan lebih hemat karena harga pakan tambahan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan voer.
Dengan melakukan kombinasi pakan di atas pastinya anda akan lebih menghemat biaya pakan. Selain itu kebutuhan gizi ayam bangkok akan lebih terjamin dan ayam bangkok bisa tumbuh lebih maksimal.
Baca juga: Pakan Ayam Aduan Sesuai Usia

Cara Membuat Racikan Pakan Ayam Bangkok Lancuran dan Induk Ayam

Jika anda menggunakan cara ini dijamin kantong anda akan tetap aman. Ayam lancuran yaitu ayam yang sudah memasuki usia di atas 4 bulan, pada masa ini asupan gizi harus tetap terpenuhi.
Berikut adalah racikan pakan induk dan ayam bangkok lancuran:
1. Membuat pakan tanpa mengolah
Caranya hampir sama dengan yang sebelumnya, tapi bedanya voer digantikan dengan jagung. Jadi anda bisa mencampur jagung dengan berbagai jenis pakan lain seperti dedak, gabah, nasi, ubi dan sebagainya.
2. Membuat pakan olahan
Ini adalah cara yang setiap hari saya praktekan., saya menggunakan bahan utama berupa beras jagung dan beras putih. Selanjutnya saya memasaknya dengan menambahkan bahan lain seperti ubi, tepung ikan dan kadang juga ditambah dengan sayuran.
Jika anda memiliki banyak ayam bangkok pasti cara ini sangat berguna. Untuk memasak anda bisa menggunakan kompor atau tungku kayu dan bisa juga menggunakan rice cooker.
Baca juga: Cara Merawat Dan Melatih Ayam Aduan Muda

Cara Membuat Racikan Pakan Ayam Bangkok Aduan Dewasa

Ayam aduan dewasa yaitu ketika ayam menginjak usia 7 bulan ke atas dan mulai bisa berkokok. Pada masa ini ayam aduan harus benar-benar dirawat agar bisa menjadi ayam berkualitas.
Umumnya untuk pakan ayam aduan dewasa adalah jagung, beras merah dan gabah. Tapi dalam hal ini anda bisa melakukan sedikit kombinasi dengan racikan pakan buatan.
Racikan pakan untuk ayam lancuran di atas juga sangat cocok diberikan kepada ayam bangkok dewasa. Tapi sebaiknya porsi pemberiannya setengah saja, misal di pagi hari dan kemudian saat sore hari ayam dewasa diberikan jagung dan beras merah.
Dengan cara ini bobot ayam akan lebih ideal dan juga pertumbuhan ototnya akan lebih cepat. Kenyataannya ayam yang hanya diberikan pakan jagung, ketika ayam memasuki poses rawatan (menjemur, memandikan, latihan) biasanya ayam akan kehilangan berat badan.

Selanjutnya Kapan Waktu Pemeberian Pakan yang Baik?

Walaupun ini masalah sepele, tapi masih banyak juga yang kurang memperhatikan waktu pemberian pakan ayam bangkok. Waktu ransum (pemberian pakan) yang paling tepat ialah saat pagi hari dan menjelang sore. Untuk di pagi hari berikan porsi secukupnya saja dan saat sore hari berikan pakan dengan porsi yang lebih banyak.
Jadi kesimpulannya penghematan pakan ayam harus benar-benar diperhatikan. Mungkin rekan-rekan sekalian sudah punya rahasia sendiri mengenai cara membuat pakan ayam bangkok.