Breaking

Perawatan Ayam Bangkok Ketika Turun Urat

 
Ayam aduan setelah kalah bertarung biasanya mengalami sedikit gangguan pada ayam tersebut, salah satunya ialah terdapatnya sebuah gangguan, salah satunya adalah  turun urat. Turun urat ialah salah satu sebuah penyakit terhadap ayam aduan yang sangat menggangu, khususnya pada bagian pergerakannya sehingga hal ini menyebabkan keterbatasan gerakan pada ayam ketika bertarung.
Untuk mengatasi penyakit turun urat tersebut yang disebabkan oleh kalahnya setelah bertarung atau hal lain terkadang masalah ini sangat membutuhkan usaha yang cukup telaten. Sebelum anda melakukan cara ini untuk perawatan buat ayam, alangkah baiknya anda pahami dahulu faktor atau penyebabnya, sehingga supaya proses perawatannya bisa berjalan dengan lancar dan juga memperoleh hasil yang maksimal.

Jika anda memang benar-benar ingin melakukan cara-cara perawatan yang baik, anda harus memiliki ketelatenan dan berikut inilah penyebab dan langkah-langkah yang harus anda ketahui supaya perawatan ayam anda bisa berjalan dengan baik.

Penyebab Turun Urat

1. Ayam yang usianya masih muda dan dikalahkan sama lawan yang usianya lebih tua, sehingga struktur pada tulang serta otot ayam muda ini masih belum begitu maksimal dan juga kuat.
2. Ada juga ayam yang usianya sudah cukup umur namun bisa mengalami turun urat dikarenakan adanya benturan yang cukup keras kepadanya.      
                                                                                                 
    Ciri-ciri ayam turun urat

1. Kaki ayam terasa lebih panas ketimbang biasanya saat setelah ia bertarung, hal tersebut bisa dideteksi dengan langkah atau caranya meraba di bagian kaki ayam anda.
2. Kaki ayam akan cenderung sering diangkat ketika ia berjalan layaknya kaki pincang. Tumpuan kaki ayam yang sedang mengalami hal seperti itu biasanya bagian kaki yang satunya, dan bukan kaki yang terkena penyakit turun urat.

Setelah dianalisa serta mengetahui faktor-faktor atau penyebab gangguan seperti ini, barulah anda bisa melaksanakan cara perawatan diatas terhadap ayam bangkok aduan anda dan berikut adalah cara-caranya untuk merawat ayam yang turun urat.
1. Perbanlah kaki ayam dengan kain yang didalamnya sudah diisi sama tumbukan daun sereh dalam waktu setiap hari. Perban tersebut usahakan jangan sampai perban menutupi bagian jari-jari si ayam tersebut.
2. Gantilah tumbukan halus daun sereh tersebut minimal satu kali setiap dua hari saja. Setelah anda copot perbannya, kaki yang sakit ini harus direndam dulu dengan memakai air dingin atau air es kurang lebih selama 3-4 menitan, kemudian kaki ayam dibungkus kembali seperti semula.
3. Langkah yang berikutnya ialah minumkanlah obat-obatan seperti obat rheumatik atau juga sejenisnya kepada ayam anda. Atau juga berikan obat khusus untuk mengobati turun urat untuk ayam, sebagai berikut:
Kalau di kira kurang pas dengan tips di atas, mungkin sobat penghobi ayam laga ingin mencoba cara ini. Dan ini juga menjadi rekomendasi dari saya karena saya pernah mempraktekannya dan berhasil, sebagai berikut:

ALAT DAN BAHAN

1. Batang Daun Sirih, Daun Serai, Bawang putih. Rendam ketiga bahan ini mengunakan air panas untuk kompres kaki ayam.
2. Beras, Kencur, Perban (pembalut). Tumbuh halus beras dan kencur balutkan pada kaki ayam yang bengkak.
3. Kandang berukuran luas (keparan)
4. MELLENIUM. Berikan obat melenium pada pagi dan malam hari bisa di dapat di tempat penjualan pakan ternak.

Lakukan secara rutin. Kesembuhan seekor ayam tergantung tingkat kesabaran seorang botoh dan rasa kasih yang lebih kepada ayamnya.

Semoga dengan melaksanakan langkah atau cara-cara diatas bisa mengatasi penyakit terun urat yang diderita ayam anda setelah ayam mengalami kekalahan dalam bertarung ataupun hal lain. Sekian artikel tentang Perawatan Ayam Bangkok Ketika Turun Urat, semoga bermanfaat. Salam penghobi ayam laga tanpa.
Baca Juga :
loading...