Breaking

Thursday, 6 October 2016

10 Perawatan Ayam Aduan Saat Musim Hujan

wikipedia.org

Di Negara Indonesia, terdapat 2 musim yang saling bergantian, yakni musim hujan dan kemarau. Pada musim penghujan, apalagi dengan kondisi curah hujan yang tinggi tentu akan menyebabkan suhu yang lebih rendah dan juga meningkatnya kelembaban. Kondisi yang seperti ini tentu akan membuat kandang berbeda dengan saat musim kemarau. Curah hujan yang tinggi, suhu yang lebih rendah dan kelembaban tinggi adalah karakteristik umum musim hujan. Ketiganya akan mempengaruhi beberapa komponen pada peternakan seperti air minum, pakan, kandang dan bibit penyakit. Hal ini terjadi tidak terkecuali pada kandang ayam aduan.

Cara perawatan ayam aduan yang dapat dilakukan pada  musim hujan ini sebenarnya dapat dilakukan dengan cara-cara yang sederhana dan tidak perlu memakan biaya yang banyak. Yang paling penting di sini adalah rutinitas dan ketelatenan dalam melakukannya perawatan.

Baca juga:

Mengobati Ayam Ngorok Dengan Obat Tradisional
Menjadi Dokter Ayam Aduan : Part 1

Adapun cara-cara perawatan yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut :

1. Untuk menyiasati musim penghujan untuk anak ayam dibawah 7 bulan (masih makan voer), disarankan untuk mencampur makanannya dengan parutan kencur dan kunyit. Voer dicampur air dan parutan tersebut. Diaduk sampai rata. Terutama diberikan setelah dimalam harinya hujan lebat atau cuaca dingin.

Komposisinya sebagai berikut:
1 kg makanan + 2 siung kencur + 2 siung kunyit.
1 siung = +/- sebesar jari telunjuk.

Dan sebisa mungkin ayam ditempatkan pada kandang yang hangat di malam hari. Jangan sampai terkena hujan dan angin luar.

2.  Bersihkan kandang

Kandang yang bersih akan membuat ayam terbebas dari bakteri yang sering muncul saat musim penghujan. Bakteri ini berasal dari percampuran air hujan dan kotoran ayam. Nah, kalau kandang ayam aduan kita sering dibersihkan dan dalam kondisi kering, maka perkembangan bakteri yang dapat mengganggu kesehatan ayam akan sulit untuk berkembang. Jadi alangkah baiknya, bersihkanlah kandang ayam minimal 3 hari sekali secara konsisten atau menyesuaikan keadaan kandangnya.

3.    Jaga kebersihan ayam
Hal ini wajib dilakukan saat musim hujan telah tiba. Cara membersihkanya dengan memandikan ayam dengan bersih. Tapi perlu diingat, saat memandikan ayam harus ada sinar matahari agar dapat langsung dilakukan penjemuran si ayam. Karena suhu udara pagi saat musim hujan sangat rendah. Jadi setelah memandikan harus segera di jemur di terik panas matahari.

4.   Berilah kandang ayam dengan penghangat
Pemberian penghangat pada kandang ayam ini sangat berpengaruh sekali apalagi untuk anak ayam, ini wajib dilakukan. Karena suhu udara pada malam hari sangat dingin, maka untuk mengantisipasi suhu yang dingin ini penghangat sangat diperlukan. Berilah lampu penerangan ( plenthong ) agar kandang ayam jadi hangat.

5.  Tutuplah kandang ayam 
Penutupan ini berfungsi untuk menghalau udara yang masuk ke kandang ayam. Udara memang boleh masuk, tetapi sewajarya saja, mengingat suhu udara malam hari terasa dingin sekali.

6.  Ayam bangkok di umbar pada siang hari
Hal ini berfungsi untuk menjaga kestabilan suhu tubuh si ayam aduan. Baiknya mengumbar saat ada sinar matahari, karena sinar matahari pagi memberikan vitamin D buat si ayam aduan, tentu ini memberikan efek yang baik untuk menjaga stamina ayam.

7.  Pemberian multivitamin
Semua fakor lingkungan yang kurang baik bisa diatasi oleh daya tahan tubuh ayam yang baik, sehingga saat kondisi lingkungan ayam tidak baik secara internal ayam mampu membuat pertahanan dari dalam. Selain dengan memberikan vaksinasi ayam secara teratur dan berkala, ayam perlu diberikan suplemen vitamin sesuai kebutuhan tubuh. 

Selain vitamin, pemberian obat cacing juga penting diberikan agar ayam bebas penyakit cacing. Obat antibiotik dan anti stress juga bisa diberikan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Namun dalam memberikan obat-obatan tersebut ada baiknya sesuai dengan petunjuk pemakaian dan lebih bagus lagi jika obat ayam yang diberikan adalah obat herbal atau alami sehingga tidak memberi efek negatif.

8.  Pemberian ramuan tradisional
Ramuan tradisional juga perlu untuk menjaga kestabilan suhu tubuh ayam, misal jahe untuk menghangatkan tubuh ayam. Cukup berikan jahe secukupnya 2 hari sekali.

9.  Pemberian makanan yang bergizi

Pemberian nutrisi yang bagus akan membuat daya tahan tubuh ayam akan meningkat dan dapat mencegah kondisi ayam jadi ngedrop dan sakit.

Pola pemberian pakan yang baik seharusnya diiringi dengan kualitas pakan itu juga. Pakan yang kurang baik kualitasnya yang dimaksud disini misalnya pakan yang terserang oleh bakteri atau jamur. Gizi yang kurang didapat oleh tubuh ayam mengakibatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit menurun. Dengan adanya hal tersebut, kematian pun sering kali terjadi.

10.  Menjaga kebersihan dan kualitas air minum
Menjaga kebersihan dan kualitas air minum sebenarnya sangat penting dilakukan baik di musim hujan ataupun tidak. Tapi, di musim hujan hal ini perlu lebih diperhatikan mengingat air minum bisa saja tercampur dengan air hujan yang tidak seteril. Karena air minum yang kurang bersih merupakan media perantara penyakit yang paling mudah. Air yang kurang bersih, membawa bakteri yang masuk ke dalam tubuh ayam. Bakteri yang masuk tersebut kalau tidak segera dilakukan penanganan yang efektif akan cepat menyebar di dalam tubuh ayam dan menyerang organ-organ tubuh ayam.