Breaking

Teori Bangkok Dikalahkan Burma , Burma Dikalahkan Pakhoy dan Pakhoy Dikalahkan Bangkok


Oke, sebelumnya menegaskan bahwa semua ulasan berikut ini hanyalah teori semata, yang terkadang teori bisa selaras dengan kenyataan dilapangan dan terkadang juga teori tidak selaras dengan kenyataan dilapangan. Dan ada yang bilang bahwa teori tanpa praktek omong kosong, sedangkan praktek tanpa teori adalah ngawur. Ada juga yang bilang teori di dapat dari kejadian nyata di lapangan. Siapa yang bilang? Saya sendiri,hehe..

Jadi, teori yang ditulis kali ini adalah yang di dapat dari pengalaman peternak biasa dipanggil Pak Agus di daerah bantul selatan lapangan sepak bola “Pacar”. Berikut teori yang berhasil saya rangkum dan di sajikan di blog ini:

Jenis Bangkok Dikalahkan Jenis Burma
Bagi sobat pengobi ayam laga, tentang ayam aduan jenis Burma pasti sudah paham akan sifat , perilaku atau ciri khas trah ini. Namun kalau belum paham atau kurang paham dengan trah Burma ini maka bisa membaca kembali artikel tentang Ciri dan Kelebihan Ayam Birma atau Burma. Intinya, jenis Burma terkenal sebagai ayam aduan yang memang spesialis menggunakan jalu dengan jurus andalannya adalah pukul pranggal.  Trah ini telah mampu membuat para pemain ayam laga menjadi was-was ketika berurusan dengan tajamnya jalu trah Burma dan pukulan pranggalnya.

Kalau saya amati atau sobat juga bisa amati sendiri bahwa teknik ayam Bangkok sangat bervariasi, namun sebagian besar ayam Bangkok saat menyerang posisi kepala tinggi atau diatas. Hal ini akan bagus atau efektif saat digunakan untuk pertarungan sesama Bangkok atau beberapa trah yang lain selain trah Burma. Karena, saat jenis Bangkok bertemu trah Burma ini sangat tidak menguntungkan. Ayam Bangkok akan menjadi sasaran empuk tembakan jitu atau pukulan pranggal atas trah Burma. Apalagi ukuran ayam Bangkok yang rata rata besar disertai tulangan yang tebal membuat trah ini kurang lincah pergerakannya jika disbanding trah Burma yang super gesit dan jenis Bangkok asli jarang ada yang memiliki pukulan pranggal / timpuk saat ada jarak. Sehingga trah burma sangat-sangat diuntungkan dari ciri khas ayam Bangkok asli. 

Trah Burma Dikalahkan Trah Pakhoy
Berangkat dari perasaan was-was terhadap ayam jenis Burma yang punya akaurasi pukulan jalu yang baik, peternak asal bantul ini pun berpikir keras untuk menyelidiki kelemahan ayam ini, untuk segera dicari penangkalnya. Dan akhirnya ditemukan bahwa ayam Burma memiliki kelemahan antara lain :

1.    Walau tulangan keras namun tergolong tipis
2.    Walau menggunakan senjata utama jalu namun burma paling tidak tahan kalau terkena jalu apalagi bagian matanya.
3.    Karena tulangan tipis burma tidak kuat menerima pukulan terutama yang ke arah badan.

Setelah diketahui persis kelemahannya maka terciptalah Trah Pakhoy yang sebenarnya sudah dikembangkan di Malaysia. Berita yang beredar trah ini percampuran antara Burma + Bangkok + Saigon + Brazil, namun hal ini juga masih misteri apakah benar demikian adanya? Namun yang pasti didalam trah Pakhoy mengalir darah ayam pribumi Malaysia yaitu Malaysian khoy ayam Khoy memiliki ciri mau pegang punggung ( patuk bulu dan pukul/brakot ), dan sangat tahan sakit terhadap luka jalu. Di Malaysia sendiri, ayam Khoy memang digunakan untu pertarungan taji pasangan. Trah Pakhoy saat ini tidak meninggalkan ciri khas Burma namun juga tetap memiliki ciri khas Trah Khoy, perpaduan gaya Burma dan khoy ini sanggup menangkal serangan  trah Burma yang masih asli.

Trah Pakhoy juga bervariasi gayanya agar tidak bisa di pranggal / timpuk oleh trah Burma. Karena secara garis besar trah pakhoy saat menyerang maju posisi kepala selalu rendah agar lolos dari pranggal / timpuk trah Burma. Saat posisi dekat langsung ambil apa aja terutama punggung lalu pukul badan (brakot / pacul / ketip bulu). Kalau terpaksa selalu ada jarak dengan lawan, trah Pakhoy juga sanggup melakukan pukulan pranggal / timpuk ala Burma ori dengan akurasi yang juga tidak kalah jitunya. Teknik ini ampuh untuk mengimbangi trah Burma ditunjang trah Pakhoy memiliki daya tahan terhadap rasa sakit akibat luka jalu yang lebih mumpuni dibanding ayam Burma.

Baca juga: 

Ayam Aduan Terbaik Saat ini Bukan Lagi Bangkok Asli
Ayam Pakhoy
Ayam Tidak Dapat Diubah Gaya Tarung
 
Trah Pakhoy Dikalahkan Trah Bangkok
Namun apa jadinya saat trah Pakhoy bertemu dengan Bangkok yang punya langkah yang efektif dengan tengok yang aktif serta paruh yang tempel pukul? Tentu bisa kita tebak jawabannya tentu trah Pakhoy bakal kualahan menghadapinya. Apalagi trah Pakhoy punya basik serangan rendah “terkesan” gewer atau ngoyor. Tentu ciri khas ini sangat menguntungkan ciri ayam Bangkok yang memang rata-rata suka main atas. alhasil ayam pakhoy tidak bisa mengatasinya saat berhadapan dengan ayam Bangkok yang semacam ini.

Saya tegaskan lagi, semua ulasan di atas hanyalah teori yang diambil dari pengalaman sepihak. Karena ada juga ayam trah Pakhoy yang bisa menumbangkan ayam Bangkok asli, contohnya milik ayampetarung(dot)com yang mampu menang 2x di kejuaraan Thailand. Tentu ayam trah Pakhoy tersebut tidak menunjukan sifat ‘ngoyor’ tadi. Banyak faktor yang bisa pengaruhi ketidak sesuaian antara teori dan praktek .

Saya hanya bisa berharap  dengan tulisan ini bisa dijadikan bahan referensi saat hendak membeli ayam atau saat memilih lawan sehingga didapat hasil yang sesuai harapan. Banyak yang bilang paham tentang ayam namun masih banyak pula yang salah alamat saat memilih lawan. Alangkah baiknya pahami dulu sejarah suatu trah denga jelas, ciri fisik, karakter tarung trah secara umum,  maksud dan tujuan trah tersebut diciptakan. Setelah semuanya jelas baru lah bisa memilih dan membeli ayam tersebut, jadi tidak baik beli karena trend belaka, karena bagus bagi anda belum tentu bagus buat teman yang lain. Kembalikan semua ke prinsip kita, jangan terjebak dalam trend semata karena semua itu hanyalah produk bisnis semata.

Seperti itu dulu tulisannya, semoga memberi manfaat. Salam penghobi ayam laga asal Kota Berbah.