Breaking

Mengobati Bubul Ayam Aduan Dengan Solder dan CaLLUSOL

Penyakit bubul pada telapak kaki ayam memang dalam mengobatinya gampang gampang susah, kadang berhasil dan  kadang gagal. Ketlatenan dan pengetahuan yang memadai mungkin jadi kunci utama dalam mengobati bubul ini. Oke, sebelumnya saya sudah membahas lengkap tentang mengobati bubul pada artikel Tips Mengobati Penyakit Bubul Pada Ayam. Tapi kali ini saya mau berbagi trik mengobati bubul menggunakan solder, langsung saja inilah langkah-langkahnya:

1. Siapkan bahanya utamanya

1.    1 buah solder


2.    Obat bubul merk CaLLUSOL (beli di apotik)










3.    Spet suntik kecil tanpa jarum


4.    Kain kasa
5.    Plester perban
6.    Arak jago

Baca juga: 
6 Manfaat Kacang Hijau Untuk Ayam Aduan
6 Ramuan Obat Herbal/Alami Untuk Ayam Diare

2. Cara mengobatinya

1. Panaskan solder dengan menghidupkannya. Setelah dirasa panas, tusukan ujung soldier pas di tengah-tengah lingkaran bubul. Lakukan dengan pelan-pelan dan hati hati, buatlah semacam lubang di tengah tengah bubul, melebar keluar selebar bubul itu dan sedalam bubul itu. Jika ayam merasa kepanasan, hentikan sejenak. Semprot dengan ARAK JAGO, setelah itu diulang lagi sampai dirasa cukup.

2. Setelah lubang di bubul terbentuk, ambil spet suntik kecil tanpa jarum. Lalu sedot obat CaLLUSOL secukupnya. Tuangkan dalam bubul yang sudah di solder tadi, ambil kain kasa dan potong secukupnya. Lalu gunakan kain tersebut buat buat menutup luka bubul tadi. Lalu plester atau diperban  dengan rapat, biarkan satu hari.

3. Paginya buka luka bubul tersebut, bersihkan dengan ARAK JAGO. Liat perkembanganya, korek korek sedikit luka bubul buat membersihkan sisa-sisa dari jaringan yang sudah mati. Biasanya akan keluar darahnya. Setelah dirasa bersih dari jaringan yang sudah mati, segera ambil spet kecil yang sudah berisi obat CaLLUSOL. Masukan ujung spet kecil tersebut ke dalam luka bubul sedalam luka itu. Lalu tekan ujung spet kecil yang berisi CaLLUSOL tersebut agar obat keluar di kedalaman luka bubul. Kalau obat dah keluar, pendarahan pasti berhenti. Setelah itu tutup luka dengn kain kasa dan perban lagi.

4. Paginya buka lagi tutup perban dan bersihkan luka dan sisa sisa jaringan bubul yang sudah mati dengan cara menyemprot ARAK JAGO. Lakukan seperti tahap no 3, lanjutkan di hari-hari selanjutnya seperti itu. Kurang lebih satu minguu bubul sudah bersih.

5. Setelah bubul di rasa sudah bersih dan mati. Tahapan terakir adalah merawat lukanya sampai benar-benar pulih. Ganti perban tiap pagi dan kompres dengan ARAK JAGO, lakukan sampai luka benar-benar kering dan sembuh.

Sekian, semoga memberi manfaat.