Breaking

Thursday, 25 August 2016

Makna Dibalik Gambar Ayam Jago Pada Mangkok Fenomenal


Kepopuleran mangkok ini rupanya sejak zaman dahulu kala. Bahkan sejak zaman nenek atau kakek kamu semasih muda dahulu. Mangkok bergambar ayam jago ini semakin dikenal salah satunya karena ada sebuah brand penyedap rasa Indonesia menjadikan mangkok ini sebagai hadiah bila membeli penyedap rasa dalam jumlah banyak.

Tahukah anda, mangkuk ayam jago ini ternyata bukanlah buatan asli Indonesia. Bila anda memperhatikan betul tulisan yang tertera dibawah mangkok berwarna hitam bertuliskan 'Made in Cina'.

Warna mangkok yag sederhana begitu mudah diingat, latar mangkuk didominasi warna putih dan sedikit gambar bunga beserta daunnya dan tak ketinggalan ayam jago dengan jengger warna hitam persis ayam khas asal Cina.

Mangkok ini banyak digunakan oleh pedagang makanan seperti bakso, mie ayam, soto, dan lain-lain. Kamu yang pernah beli bakso, bubur, atau mie ayam pasti pernah melihat mangkuk yang ada gambar ayam jago di bagian luarnya? Di Indonesia tidak sulit menemukan mangkok keramik bergambar ayam jago tersebut. Tetapi pernahkah kamu bertanya-tanya "Apa sih arti gambar Ayam Jago di mangkok tersebut?" Ataukah hanya sekedar gambar? atau memang ada maknanya tertentu?

Baca juga: Bau Ayam Hidup Secara Otomatis Menolak Nyamuk Pembawa Malaria

Memang masih banyak orang yang sering mengacuhkan gambar ayam jago pada pinggiran mangkok tersebut.

Dan ternyata mangkok ini bukan cuma terkenal di Indonesia. Tetapi juga di Singapura, Bangkok, Malaysia dan China. Bahkan kabarnya ada salah satu scene film Thailand yang memperlihatkan mangkok ini. Yang menjadi lebih fenomenal lagi, Mangkok cap Ayam Jago ini juga pernah muncul di film lawas yang dibintangi Stephen Cow , Kungfu Hustle.


Nah sekarang yang jadi pertanyaan, kenapa gambarnya harus ayam jago? 

1.    Ayam jago adalah simbol kemakmuran

Ternyata gambar ayam pada mangkok ini dicetak bukan tanpa alasan. Dirangkum dari berbagai sumber yang ada, ditemukan bahwa jika gambar ayam jago di mangkok dikatakan mewakili simbol kemakmuran.

Ayam jago dalam budaya China dikaitkan dengan kelancaran rezeki. Ada pepatah yang mengatakan manusia harus bangun pagi agar rezekinya tidak dipatuk ayam. Tentunya lewat gambar ayam para pedagang berharap bisa memperoleh rezeki yang lapang.

Dengan adanya gambar ayam jago pada mangkok itu, maka para pedagang pun akan berharap jika mereka bisa memperoleh rezeki yang lapang.

2.    Pendapat Penjual Bakso

“Ayam jago itu melambangkan kemakmuran rejeki. Bangunnya aja pagi-pagi, terus langsung berkokok membangunkan warga. Makannya ada pepatah, kalau bangun harus pagi-pagi kalau nggak mau rejekinya dipatok ayam. Nah, kamu kalau bangun pagi-pagi gak?”

“Jadi, ayam itu selain rajin juga sangat bermanfaat. Dagingnya bisa dimakan, telurnya juga bermanfaat buat kesehatan. Coba bagian mana dari ayam yang kagak bermanfaat?”

Baca juga: Unik, Kakek Ini Punya Sahabat Sejati Seekor Ayam Betina

3.    Banyak diimpor dari Negeri Tirai Bambu

Fakta lainnya, mangkok dengan diameter atas 16.5 cm, diameter bawah 9 cm, dan tinggi 6 cm ini diimpor dari China. Secara historis, filosofi simbol ayam juga sudah dikenal sejak zaman dinasti Ming.

Kemungkinan besar, awal mula mangkok legendaris ini masuk Indonesia yaitu lewat perdagangan, dimana banyak orang-orang China yang datang ke wilayah asia tenggara, termasuk Indonesia.

Namun banyak juga di antara para peneliti yang berpendapat bahwa mangkok ini berasal dari Negeri Gajah Putih, Thailand. Dikatakan bahwa ayam merah itu disebut ayam hutan Gallus gallus yang telah lama diternak dan dibudidaya sejak 8000 SM.

Dan pada 5300 - 4300 SM, telah ditemukan artefak atau fosil ayam Gallus gallus di Cina. Selanjutnya menyebar ke India tepatnya di lembah Indus pada 2500 - 3000 SM. Dan yang paling terbaru ditemukan di Yunani pada tahun 409.

Dari mana mangkok ayam jago merah itu berasal tidak jadi masalah, yang terpenting mangkok tersebut banyak berjasa bagi pedagang-pedagang di Indonesia, seperti pedagang bakso, mie ayam, soto dan jajaanan lainnya yang menggunakan mangkok tewrsebut. Ayam juga menjadi hewan yang paling laris diolah menjadi masakan.

Nah di Indonesia, segala produk keramik dengan label "Made in China" ini dijajakan dan hingga kini mengalami asimilasi budaya sampai-sampai diproduksi secara masif sehingga bisa sampai ke tangan para pedagang, yang otomatis menjadi semakin murah (berhubung KW) ketimbang barang keramik asli dari asal daerah pembuat motif ayam jago tersebut.

Sekian artikel tentang Makna Dibalik Gambar Ayam Jago Pada Mangkok Fenomenal, semoga bermanfaat. Salam sukses selalu.