Breaking

Thursday, 18 August 2016

Ayam Brahma Dengan Ukuran Jumbo Berharga Fantastis

pojokshare.com

Ada banyak jenis ayam yang menarik perhatian dan salah satunya adalah jenis ayam Brahma. Mungkin tidak semua orang mengenal ayam ini, karena memang jenis ayam brahma kurang populer bila di bandingkan dengan jenis ayam-ayam lain seperti ayam kampung, ayam bangkok, ayam pelung, ayam kate dan beberapa jenis ayam popular  lainnya.

Ayam brahma adalah ayam yang berasal dari daratan Asia, dalam perkembangannya asal dari ayam  ini banyak diperdebatkan, ada yang mengklaim ayam ini berasal dari India karena bila diambil dari namanya “Brahma” diambil dari nama sungai Brahmaputra di India, ada juga yang mengklaim bahwa asal dari ayam ini aslinya dari negara Tiongkok. Dari beberapa literatur yang saya baca mengenai ayam Brahma, ternyata asal mula ayam ini adalah hasil dari perkawinan silang ayam Cochin dan ayam Melayu, hasil dari persilangan tersebut kemudian di kawinkan dengan ayam Gray Chittagong dari india sehingga bentuk ayam ini mempunyai bulu tebal di kakinya dan berpostur besar.

Baca juga: 
28 Gambar Ayam Hias Dari Berbagai Negara 
Sejarah, Ciri, Mitos, Harga dan Fenomena Tentang Ayam Cemani
Jawaban Iptek atas Misteri Berkokok Ayam di Tengah Malam

Di negara barat seperti Inggris dan Amerika, ayam Brahma sering juga disebut raja ayam, karena posturnya yang tinggi, besar dan bobot yang berat layaknya singa yang dijuluki raja rimba. Bobot ayam ini untuk pejantan bisa mencapai 8kg dan betina 6kg hampir seperti bobot ayam kalkun. Pada sekitar tahun 1840-1850 ketika Inggris banyak menjajah negara-negara di Asia khususnya daerah Asia Tengah, oleh raja Inggris ayam ini di impor secara besar-besaran dari Cina dan India dan dibudidayakan seperti layaknya industri untuk memenuhi kebutuhan daging ayam di negara Inggris dan negara persemakmuran Inggris Raya.

Perawatan ayam brahma sebetulnya tidak terlalu sulit karena karakter dan cara pembiakannya relatif sama dengan ayam biasa, cara hidup serta pakan dari ayam ini cukup di beri pur/dedak bahkan bisa juga di campur dengan jagung giling, nasi dan sayuran. Bulu serta kulitnya yang tebal menjadikan ayam ini juga tahan akan cuaca ekstrim dan lebih tahan akan virus penyakit, apabila terserang penyakit pun cara pengobatannya bisa disamakan dengan cara pengobatan ayam biasa.

Ada beberapa kelebihan yang di miliki ayam Brahma yang membuat  jenis ayam ini begitu istimewa. Adapun beberapa kelebihan ayam brahma adalah :

Harga Fantastis

Ayam brahma terbilang masih sulit di cari di Indonesia, karena memang ayam ini bukan ayam asli Indonesia. Hal ini yang mungkin menjadi salah satu faktor penyebab tingginya harga ayam brahma. Untuk 2 indukan betina dan 1 indukan jantan biasanya yang beredar di internet di hargai sebesar Rp 25.000.000. Bila tak sanggup untuk membeli indukan yang memiliki harga yang luar biasa maka konsumen dapat memilih ayam brahma anakan.  Namun untuk anakanpun harganya juga cukup gila untuk ukuran anak ayam yaitu kisaran Rp 2.000.000 perpasang umur di bawah 1 bulan. Berikut ini daftar harga ayam Brahma yang di tawarkan di pasar onlin per pasang :

Usia 1 bulan / pasang                 : 2,5 juta
Usia 2 bulan / pasang                 : 3,5 juta
Usia 3 bulan / pasang                 : 5 juta
Usia 4 bulan / pasang                 : 7 juta
Siapan induk / pasang                 : 18 juta
Indukan siap telur / pasang         : 20 juta bahakan lebih

Ukurannya Jumbo
Ayam brahma memiliki banyak keistimewaan salah satunya adalah dari postur tubuh yang jauh di atas rata-rata ayam pada umumnya. Bila di bandingkan dengan ayam kampung biasa, maka untuk ayam brahma dewasa mampu tumbuh mencapai ketinggian hingga 70 cm sedangkan ayam kampung jantan dewasa hanya mampu tumbuh mencapai ketinggian di angka 40 cm. Selain memiliki tubuh yang tinggi, ayam brahma juga unggul dari segi berat. Ayam brahma dewasa mampu memiliki berat maksimal mencapai 7kg dan ayam kampung jantan dewasa hanya seberat 2 kg - 2,5 kg. 

Bentuknya Unik
Ayam brahma memiliki keunikan langka yang membuat jenis ayam ini dapat di jadikan sebagai ayam hias. Ayam brahma memiliki postur tubuh padat, berotot yang membuat kesan perkasa. Selain itu adanya bulu-bulu tebal yang membalut tubuh ayam ini membuat ayam brahma semakin menarik. Bahkan bulu-bulu tebal ini tumbuh hingga mencapai kaki dan menutupi jari-jari ayam brahma

Sekian, semoga memberi manfaat. Salam penghobi ayam.