Breaking

Kelemahan dan Keunggulan Ayam Saigon

Ayam Saigon  adalah ayam yang dikembangkan oleh negara Vietnam yang melalui proses persilangan. Ayam saigon ini masuk ke negara Indonesia sesudah ayam bangkok, tetapi pada saat itu ayam aduan saigon ini tidaklah terlalu populer dan peminatnya pun tidak terlalu banyak. Itu mungkin dikarenakan ayam bangkok saigon ini memiliki kelemahan dalam hal menyerang dan juga kurang pandai mencari peluang untuk memukul dikarenakan gerakan yang kurang gesit/cepat.


Baca juga artikel tentang: Ciri Ayam Bangkok Asli
                                          Ayam Pakhoy
                                          Ciri dan Kelebihan Ayam Birma atau Burma

Namun Ayam Saigon juga memiliki kelebihan dalam fisik tubuh  yaitu struktur otot  dan struktur tulang yang kokoh dan otot yang berserat sehingga lebih kuat dalam menerima pukulan dari lawan. Tetapi seiring berjalannya waktu lama kelamaan ayam saigon ini semakin banyak peminatnya, karena ayam saigon tersebut mengalami perubahan evolusi genetika yang sangat mendasar, beda dari sebelumnya pada waktu ayam ini pertama datang ke indonesia. Hal ini dikarenakan perkawinan silang yang dilakukan oleh peternak profesional sehingga menghasilkan saigon yang mumpuni.

Ayam Saigon yang sekarang sangat berbeda dengan awal datangnya ke Indonesia, sekarang ayam tersebut mempunyai kecepatan dalam menyerang. Dan juga mempunyai kepandaian untuk menyerang lawan dan juga mempunyai teknik bertahan yang begitu bagus. Tidak heran ayam tersebut pada saat ini banyak diminati oleh para penghobi ayam aduan.

Berikut ini ada 3 ciri ayam saigon :
1. Ayam Saigon yang pada bagian leher dan sebagian kepalanya tidak ditumbuhi bulu sebagaimana ayam pada umumnya. Jenis ini paling umum dijumpai dan paling dikenal.
2. Ayam Saigon berbulu tipis. Jenis ini umumnya memiliki bulu tipis layaknya ayam babon, termasuk juga bulu ekornya yang pendek.
3. Ayam Saigon berbulu lengkap, sebagaimana layaknya ayam aduan pada umumnya.

Kelebihan Ayam Saigon :

1. Jenis ayam aduan yang satu ini punya struktur tubuh dan tulang yang lebih besar dari ayam aduan Bangkok atau Birma. Dan memiliki kulit yang lebih tebal.
2. Bobot yang dimilikinya lebih berat dibandingkan ayam aduan Bangkok atau ayam aduan Birma sehingga bisa melancarkan pukulan yang lebih berbobot atau kuat. .
3. Ototnya lebih berserat. Hal ini menyebabkan ayam tersebut lebih kuat menerima pukulan dari lawan.
    Ayam saigon juga mempunyai kekurangan yang bisa anda simak dibawah ini :

    1. Tipe serta teknik bertarung ayam aduan Saigon kurang bagus dan lambat.
    2. Bulu-bulunya gampang pecah, tidak berkilau, kurang indah. Karena itu, gampang patah jika terkena pukulan lawan.
    3. Teknik bermain ayam ini biasanya kontrol, adu leher, kunci, peluk tetapi pergerakannya kaku dan lambat.
    4. Tulang ayam aduan Saigon kurang lentur, akibatnya dalam menghindari serangan lawan kurang sergap.
    Mungkin kelemahan yang di sampaikan di atas saat awal pertama ayam saigon masuk ke indonesia, seperti yang sudah di jelaskan tadi ayam ini memiliki perubahan setelah ada beberapa kawin silang yang dilakukan oleh peternak. Contoh saja dikawin silang dengan betina bangkok, sehingga keduanya bisa saling melengkapi sehingga menghasilkan anakan yang bagus. Selanjutnya anakannya kemudia di kawin silang dengan birma dan atau jens lainnya.

    Dan itulah yang dapat di sampaikan di sini tentang kelemahan dan keunggulan Ayam Saigon, semoga informasi yang tersampaikan di atas bermanfaat bagi para pembaca. Sekian artikel tentang Kelemahan dan Keunggulan Ayam Saigon, salam penghobi ayam laga.