Breaking

MEMPERKENALKAN JENIS AYAM LAGA TERPOPULER DARI INDIA

Dikenal dengan istilah bahasa Arab,  Aseel (baca : asil) yang artinya ras Murni atau juga berartu Mulia. Dari yang telah diketahui  bahwa jenis – jenis ayam ini dikembangbiakkan dinegara Pakistan/India dan telah berabad lamanya dikenal sebagai Ayam Laga. Sejarah juga mencatat bahwa lebih kurang selama 3.500 tahun, ayam laga jenis ini terkenal sangatlah kuat dan agresif dalam arena pertarungan. Hal ini disebutkan dalam naskah filsafat yang dikenal dengan “Manusriti” dalam hukum agama India. Juga didalam naskah klasik tertua India yang dikenal dengan “Dharmastrastra Manu” pada tahun 1.500 Sebelum Masehi, memperkuat bukti sejarah tentang keberadaan Aseel.

Di negara Pakistan, Aseel diakui sebagai ayam laga tertua yang dibudidayakan oleh manusia. Memiliki daya tahan tubuh yang kuat , struktur pertulangan yang kokoh dan besar. Sehingga pada masa itu ayam Aseel ini mampu bertahan pada saat dilagakan tanpa waktu jeda, maka dengan itu ayam ini dikatakan sangat luar biasa super dan ini terbukti dengan kesanggupan berlaga tanpa henti selama berjam-jam. Ayam Aseel pun merupakan ayam yang sangat cerdik, dimana ayam ini akan tahu lawan ayam akan menyerang atau tidak. Jika bertemu lawan seperti ayam Aseel ini harus memikir ulang apakah tahan di pukul oleh ayam Aseel ?.., karena ayam yang tidak akan bertahan dengan serangan yang besar takutnya akan K.O dalam sekali pukul.
Jenis Ayam Petarung Aseel Yang Mendunia. Bagi anda para pesabung ayam yang sudah berpengalaman, tentu saja sudah pernah mendengar atau membaca tentang ayam Aseel. Menurut sejarahnya, merupakan keturunan ayam petarung murni yang selalu siap bertarung pada setiap kesempatan. Ayam Jenis Aseel ini beratnya bisa mencapai 6 kg dan Perlu diketahui bagi para pecinta ayam aduan bahwa ada jenis Aseel yang memiliki pukulan kuat sehingga bisa mematahkan tulang lawannya. Ras ayam Aseel merupakan salah satu jenis ayam petarung paling agresif di dunia, sehingga membuatnya menjadi favorit bagi para pecinta ayam sehingga banyak di Import oleh penggemar dari Iran, Afganistan, dan Turki.
Ayam Aseel petarung banyak ditemukan di berbagai wilayah di India, paling banyak ditemukan di Andhra Pradesh. Terdapat banyak jenis keturunan ayam Aseel, namun hanya beberapa jenis saja yang paling populer hingga saat ini.
MEMPERKENALKAN JENIS AYAM LAGA TERPOPULER DARI INDIA :
Jenis Madras Aseel milik kelompok Aseel besar berasal dari bagian selatan wilayah Tamil Nadu dan oleh penduduk setempat dikenal dengan sebutan ‘Kattu Seval’. Dalam sejarah dan telah dibawa oleh penduduk Tamil ke berbagai negara seperti China dan Thailand. Ayam Madras ini dengan ciri khasnya adalah paruhnya pendek, berpostur besar dan memiliki tulang tebal yang kuat. Madras Aseel berwarna dominan merah, hijau, kuning, kuning-keputihan, warna kulit gelap/ hitam. Berat badan rata-rata sekitar 4.5 Kg hingga 6 Kg. Memiliki Ekor panjang yang bisa mencapai hingga 60 cm, dengan tinggi tubuh mencapai sekitar 80 cm.
Jenis Madras
Jenis Madras

Jenis Horozu
Ini berarti “Ayam dari Hindustan” yang jelas menunjukkan asal peternaknya. Menurut sumber-sumber Aseel ini diperkenalkan di Turki pada saat imperium Utsmani (abad ke-14) oleh pedagang dan pelaut. Ayam ini dipandang sebagai simbol kekuatan, kesuburan dan kedewasaan.

Jenis Jangli AseelJenis ini biasanya liar dan merupakan jenis Aseel penyerang yang bagus dalam sebuah pertarungan ayam dan terkenal sangat cerdas.
Jenis Madaroo AseelSering juga disebut ayam sombong dengan jenis bulunya yang indah dan bermata bulat . Spesimen yang terlihat sangat lengkap, Aseel ini sering disebut sebagai “Pitta Maadi”.
Jenis Bihangam Aseel
Adalah ayam yang fenotipe atau penampilan eksternal menunjukkan kemunduran ke warna Merah. Mereka memiliki sisik besar atau sebagian tegak. Dianggap ayam adu pejuang yang super namun ayam ini juga sangat jarang ditemukan.
Jenis Shikra AseelTerkenal karena warna tubuhnya seperti Elang, Shikra Aseel adalah pejuang yang sangat berani dan cepat.
Jenis Shikra Aseel
Jenis Shikra Aseel
Jenis Reza AseelJenis ini Aseel kecil dan disebut juga sebagai Reeza Aseel. Ciri Khas Aseel jenis ini memiliki ketinggian yang kurang dari sekitar 50 cm dan bobot badannya adalah antara 2 sampai 3 kg. Memiliki sisik yang kecil, mata seperti buah pear, dan paruh seperti elang.
Jenis Reza Aseel
Jenis Reza Aseel

Jenis Bighara AseelBighara yang juga berarti serigala. Jenis ini memiliki warna seperti ayam jawa dan berukuran besar .
Jenis Sindhi AseelMemiliki corak mata seperti bunga akasia, Aseel ini memiliki ukuran yang besar dan pukulannya jauh lebih cepat. Gaya bertarung Aseel ini biasanya bermain menunggu serangan dari lawannya. Penyebaran Aseel ini Biasanya terdapat di Sindh, salah satu provinsi di Pakistan.
Jenis Sindhi Aseel
Jenis Sindhi Aseel

Demikian ulasan yang membahas mengenai MEMPERKENALKAN JENIS AYAM LAGA TERPOPULER DARI INDIA, Semoga hal ini dapat berguna/bermanfaat bagi para pecinta ayam aduan. terima kasih.
>BS<
Baca Juga :
loading...