Breaking

Perbedaan Ayam Serama Dan Ayam Kate




Ayam hias, perbedaan ayam serama dan ayam kate. Ayam serama dan ayam kate merupakan ayam hias yang paling banyak dipelihara di Indonesia. Pada mulanya ayam kate lebih dahulu dikenal dan banyak dipelihara sehingga populasinya berkembang dengan cepat. Kemudian masuklah ke Indonesia ayam hias jenis baru, dimana ayam ini mempunyai bentuk badan dan ekor yang mirip dengan ayam kate namun berbeda di bagian dada dan ukuran tubuhnya. Ayam hias jenis baru ini tak lain adalah ayam serama. Seperti yang dirangkum ayamtempur.com dari berita Sabung Ayam.



Ayam Hias, Perbedaan Ayam Serama Dan Ayam Kate
Untuk lebih jelasnya, situs ayamtempur.com akan menguraikan perbedaan ayam serama dan ayam kate seperti yang dikutip dari sumber-sumber berita sabung ayam online beberapa waktu yang lalu. Inilah uraiannya :

Ayam Serama




– Memiliki bentuk badan yang lebih kecil, ukuran badan ayam serama dewasa umumnya hanya sebesar kepalan tangan orang dewasa.
– Berasal dari negara Malaysia.
– Dada membusung.
– Saat berdiri membusung, kepala hampir menyentuh ekor.
– Warna dominan adalah Hitam dan merah.
– Bobot badan berkisar 350-500 gr.
– Kaki pendek dan kecil tapi tidak cebol.
– Ciri ayam serama yang bagus yaitu ekor yang cantik, berdada tegap seperti membusungkan dada, kepak sayap yang lurus ke bawah.
– Ayam serama merupakan hewan peliharaan yang manja, jinak dan mengenal pemiliknya.
– Mempunyai gerakan yang unik dan menarik, seperti berjalan mundur, sangat energik dan lucu ketika berjalan membusungkan dada.

Sekarang ini, sering digelar kontes ayam hias, terutama ayam serama di kota-kota tertentu. Hal ini dikarenakan ayam serama memiliki sifat pemberani, yakni berjalan membusungkan dada.

Ayam Kate




– Memiliki bentuk badan yang lebih besar dibanding ayam serama.
– Dada lurus (tidak membusung).
– Memiliki lebih banyak warna, ada warna putih.
– Bobot badan jantan lebih dari 500 gr.
– Umumnya kaki pendek, kecil mungil, tapi ada juga yang berkaki panjang.
– Punggung ayam kate lebih panjang, tidak terlalu tegak dan terkesan ayam cebol.
– Merupakan endemik dari berbagai daerah, setiap daerah mempunyai tipe ayam kate yang berbeda.

Demikianlah penjelasan mengenai ayam hias, perbedaan ayam serama dan ayam kate. Semoga dapat menjadi acuan sehingga tidak salah dalam memilih.