Breaking

Wednesday, 6 September 2017

Beberapa Cara Mengobati Paruh Ayam Aduan Yang Patah Lepas

 
Dalam sebuah pertarungan ayam aduan terjadi luka sudah menjadi hal yang biasa. Salah satunya adalah paruh patah/lepas kena pukul atau saat mematuk lawan. Dan untuk paruh patah/lepas ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, perlu ada penanganan lebih lanjut. Mengobati paruh yang patah diperlukan cara merawat serta penanganan yang baik dan teratur. Sebab kalau tidak segera dilakukan penanganan secara cepat, maka si ayam aduan akan terus mengalami kesakitan dan tak jarang dapat mengakibatkan kematian. Maka dari itu, ikutilah beberapa cara dan langkah merawat ayam aduan paruh patah/lepas sebagai berikut:

1.  Pertama, dengan cara mengusap dengan air hangat pada bagian paruh yang patah tadi kemudian diberikan obat anti inflamasi bisa Merk Trombophop atau yang lainnya. Pemberian obat pun jangan diberikan setiap hari, melainkan cukup 2 hari 1 kali saja sudah cukup baik.

2.  Atau, mengusap paruh yang patah sesering mungkin dengan air hangat kemudian diolesi kunir atau kapur sirih atau bisa juga dengan bawang putih pada pagi dan sore hari. Pengobatan ini dapat menghilangkan bakteri yang ada agar tidak terkena infeksi akibat luka yang terbuka. 

3.   Pemberian pakan ayam aduan yang mudah dicerna dan tidak keras dalam masa penyembuhan. 

Selain langkah-langkah di atas ternyata masih ada alternatif lain untuk menangani paruh yang patah, berikut ulasannya:
1.  Menurut pengalaman beberapa botoh, yang paling cepat untuk memulihkan kondisi paruh adalah dengan mengoleskan belimbing wuluh (belimbing sayur) pada pangkal patuk, bukan pada ujungnya tapi pada pangkal paruh dekat jengger/pial ayam. Hal ini bertujuan agar mempercepat proses pertumbuhan dan penuaan paruh yang baru. Karena kadar asam belimbing wuluh tinggi, sehingga dapat merangsang proses pertumbuhan paruh lebih cepat.
2. Selain itu diberi makan jagung yang di rendam air dingin semalam, selain paruh tidak kotor juga akan menambah kalsium, yang berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan tulang baru.
 
3. Kalau paruh lepas bisa dengan cara ini :
- Bersihkan paruh
- Ambil putih telur lalu oleskan di paruh
- Tempelkan paruh yang copot itu dengan putih telur ke paruh si ayam
- Untuk hasil yang baik bisa diikat dengan benang agar putih telur tadi lebih merekat, harus hati-hati.
- Kurang lebih 1-2 minggu benang bisa dibuka kembali. Cara ini untuk membantu paruh baru tumbuh kuat dan untuk melindungi paruh yang sedang tumbuh  dan masih lunak.

4.  Untuk asupan pakan, sementara di kasih yang lembek/lunak dulu. Contohnya di kasih makan  pur + nasi dalam kondisi hangat. Hasilnya akan lebih baik jika rutin di lakukan.

5.  Sedangkan untuk pencegahan paruh patah bisa dengan  diolesi isi cabe rawit pada paruhnya. Hal ini terbukti ada manfaatnya, tapi perlu diingat setelah lama tidak diolesi, kebanyakan paruh ayam mudah rusak saat bertarung, jadi lebih baik diolesi secara konsisten agar mendapat hasil maksimal. Ini merupakan ilmu kuno/jaman dulu yang sering diterapkan pada burung puyuh dengan fungsi memperkuat paruh. Dulu burung puyuh di jateng jaman kerajaan dibuat untuk brtarung kayak ayam aduan. Selain cabe rawit, bawang putih juga bisa memperkuat paruh ayam aduan.

Sekian artikel tentang Beberapa Cara Mengobati Paruh Ayam Aduan Yang Patah/Lepas, semoga bermanfaat. Salam penghobi ayam laga.