Breaking

Friday, 12 August 2016

Tentang Ayam Siam

Ayam Siam adalah nama panggilan untuk ayam jenis ini, ayam siam adalah ayam aduan yang cukup handal dalam sabung ayam dengan mental baja dan pantang menyerah adalah ciri kusus dan karakter dari ayam siam, selain itu pukulan ayam siam juga tergolong menyakitkan. Ayam siam ini sudah menyebar di hampir seluruh kawasan indonesia dan masyarakat umumnya menyebut ayam siam sebagai ayam kampung siam.

Ayam siam juga merupakan salah satu ayam aduan yang banyak di budidayakan di indonesia. Ayam ini juga di tempah kusus dan untuk masalah kualitas teknik dari ayam siam juga menarik karena cenderung memiliki banyak teknik tarung yang variatif. Ciri utama dari ayam siam adalah postur tubuh yang kekar dan tegak juga memiliki tulang yang besar. Ayam ini juga memiliki kaki yang kuat dan juga stamina yang bagus dan tahan lama dalam bertarung , maka dari itu ayam siam lumayan banyak penggemarnya.

Baca juga:

Kelebihan dan Kekurangan Ayam Aduan Brasil
Kelemahan dan Keunggulan Ayam Saigon

Sesuai ulasan di atas tadi, jika ayam aduan jenis siam ini lebih dominan memiliki pukulan keras yang menyakitkan, mental baja pantang menyerah walaupun dalam situasi dan keadaan terdesak dan terluka  parah, ia akan terus melanjutkan pertarungan hingga titik darah penghabisan. Inilah kelebihan ayam siam saat bertarung di arena, kelebihan lain dari ayam siam adalah memiliki teknik bertarung yang variatif dan sehingga mampu mencari celah longgar untuk melontarkan pukulannya yang keras. Tentu saja dengan pukulannya yang keras kemungkinan besar ayam yang terkena akan tumbang.

Menilik pengamatan saya dan sobat penghobi ayam laga di lapangan, bahwa jika ayam jenis bangkok yang masih muda akan takut dengan ayam jenis siam yang lebih tua darinya. Entah mengapa saya sendiri juga heran, jika sobat penghobi ayam laga  kurang percaya, maka bisa di buktikan sendiri jika memiliki ayam siam, lalu hadapkan dengan ayam bangkok muda yang masih di bawah umur ayam siam.

Kemungkinan besar ayam bangkok muda tersebut akan meronta ketakutan, memang tergolong aneh dan kurang masuk akal. Akan lain jika ayam bangkok muda tersebut kita hadapkan dengan jenis ayam lain, tak peduli umur dan besar kecil badan pasti akan berani tarung.

Untuk melakukan perawatan ayam aduan siam mungkin sama dengan ayam bangkok biasanya atau ayam aduan lainnya, yaitu latih jajal tarung, olahraga fisik, mandi jemur dan kusus pemberian pakannya lebih dominan ke kandungan karbohidrat dan protein untuk mengimbangi tenaga yang di keluarkannya. Karena dengan pukulan kerasnya sangat membutuhkan tenaga yang besar juga. Dan juga  ayam ini tergolong ayam petarung yang agresif, maka ia akan cenderung cepat lemas, jadi, asupan pakannya harus sangat diperhatikan. 

Doping serta vitamin dan suplemen juga wajib di berikan 3-5 hari sekali, apalagi jika ayam siam sudah mulai di  turunkan ke arena, maka pemberian suplemen dan jamu akan lebih banyak juga harus teratur supaya di hasilkan ayam siam petarung berkualitas juara yang konsisten.

Sekian, semoga bermanfaat. Salam penghobi ayam laga.