Breaking

Thursday, 11 August 2016

Pemberian Air Minum Pada Ayam Harus Seimbang

Taukah sobat penghobi ayam laga bahwa ayam aduan yang kekurangan air minum/mineral akan mengalami stress berat?  Betapapun lengkapnya kandungan gizi makanan, tetapi tanpa air semuanya akan sia-sia belaka. Air berfungsi melunakan makanan dalam proses pencernaan, membawa semua makanan ke tempat-tempat pusat pencernaan, membantu mengedarkan sari-sari makanan dan mengeluarkan bahan-bahan yang tidak berguna lagi serta membantu mengatur temperatur tubuh dan proses metabolisme.

Air merupakan komponen penyusun tubuh anak ayam dengan persentase terbesar, yaitu 85% dan persentase ini sedikit menurun saat anak ayam tumbuh menjadi dewasa, menjadi 60%. Pada telur, persentase air bisa mencapai 70%. Dan yang mengesankan di setiap organ dan komponen tubuh sebagian besar terdiri atas air, yaitu darah 83%, otot 75-80%, otak 75% bahkan di dalam tulang persentase kandungan air mencapai 20%. Dari data ini, bisa kita prediksikan andaikata air di dalam tubuh ayam dihilangkan maka berat badan anak ayam hanya sekitar 6 gram (berat badan anak ayam normal sebesar 40 gram per ekor). Dari angka dan persentase ini bisa kita ketahui bahwa air mempunyai fungsi dan peranan yang begitu besar dan signifikan.

Baca juga:

Kusus untuk ayam aduan betina, jika sampai kekurangan air minum maka produktifitas telur yang di hasilkan akan lebih cenderung menurun, kualitas air yang bersih, sehat akan membuat ayam lebih bertenaga dan membantu dalam menahan terhadap penyakit. Karena selama ini banyak peternak yang kurang memperhatikan kualitas air yang diberikan pada ayam, misalnya membiarkan ayam minum di selokan, dan minum air comberan. Cara-cara seperti ini harus segera ditinggalkan, sebab ayam bangkok  atau ayam aduan lainnya cukup peka terhadap air yang tidak bersih

Saya sering mengalami pada ayam saya yang minum sangat banyak sampai perutnya kembung dan isinya hanya air saja. Ayam aduan yang kelebihan air juga akan berdampak negatif. Air yang terlalu banyak kita berikan pada ayam aduan juga akan menurunkan nafsu makan, otot ayam menjadi lemas, lembek dan kurang tenaga akibat kekurangan zat karbodioksida yang harusnya di dapat dari pakan.

Maka dari itu alangkah baiknya jika pemberian air juga dikontrol keseimbangannya. Perbandingan pemberian air minum dan pakan setiap hari bisa 3:1, 3 untuk air dan 1 untuk pakan. Perbandingan ini hendaknya diperhatikan dengan baik sebab pemberian air minum yang terlalu banyak justru menurunkan nafsu makan dan otot-otot menjadi lembek dan sebaliknya ayam yang kekurangan air akan mengalami keterlambatan pertumbuhan, gangguan metabolisme, terjadi kanibalisme dalam kandang, sesak nafas, lesu dan sering gelisah. Sekali lagi pemberian air minum yang bersih pada ayam aduan sangat penting diseimbangkan untuk menhindari hal-hal tersebut.

Sekian, semoga brmanfaat. Salam penghobi ayam laga.