Breaking

Pakan Alternatif Untuk Ayam Yang Murah Tetap Berkualitas

Pakan alternatif untuk ayam kampung maupun ayam aduan yang lebih murah di jaman serba mahal sekarang menjadi pilihan yang jitu. Mengingat bahwa pakan ayam menjadi salah satu masalah yang sangat perlu untuk diprioritaskan bagi para peternak ayam kampung. Sebab harga pakan yang melambung tinggi yang tidak diimbangi kenaikan harga ayam akan mengakibatkan kerugian bagi para peternak ayam. Nah, sobat penghobi ayam bisa menekan biaya pakan ayam dengan  meramu sendiri pakan alternatif ayam kampung yang lebih murah tapi tetap berkualitas. Selain menekan biaya pakan ayam, pemberian pakan alternatif ini juga bisa meningkatkan produktifitas telur ayam kampong, tentunya dengan produktifitas telur ayam tinggi otomatis keuntungan juga tinggi.

Baca juga:
Bau Ayam Hidup Secara Otomatis Menolak Nyamuk Pembawa Malaria 
Unik, Kakek Ini Punya Sahabat Sejati Seekor Ayam Betina

Dalam membuat pakan alternatif ayam kampung yang baik ini diperlukan bahan-bahan utama serta bahan tambahan untuk bisa mengoptimalkan penekanan biaya pakan ayam kampong. Bahan-bahan yang digunakan ini saya kira tidak terlalu sulit untuk ditemukan di sekitar kampung halaman sobat penghobi ayam. Untuk lebih jelasnya mengenai bahan yang digunakan bisa membaca ulasan di bawah ini:

Bahan:


1.    Pohon talas
wikipedia.org
Bagi sobat yang lingkungan tempat tinggalnya masih banyak di kelilingai sawah atau kebun bahan ini pasti mudah ditemukan. Untuk pohon talas ini dapat digunakan umbinya, daunnya dan tangkainya atau bisa juga mengkombinasikannya, itu menurut selera sobat penghobi ayam saja.

2.    Beras dolog atau catu
Alasan utama menggunakan beras jenis ini sebagai bahan pakan alternatif sebab harganya relatif lebih murah ketimbang beras pada umumnya. Sehingga penekanan biaya pakan bisa lebih maksimal.

3.    Dedak bekatul
Untuk dedak bekatul ini sendiri bisa sobat  pakai dedak dengan kualitas sedang ataupun yang bagus, maksud dari dedak berkualitas sedang adalah dedak yang tidak terlalu halus atau kasar. Dedak ini akan lebih murah dibandingkan dedak yang bagus, tapi jika menggunakan dedak bagus juga tidak menjadi masalah malah ini juga lebih banyak kandungan gizinya.

4.    Tepung tulang
Tulang tepung atau tepung cangkang keong ini sebenarnya tidak wajib dicampurkan, namun untuk memberikan nutrisi lebih pada pakan yang akan diramu alangkah baiknya mencampurkannya supaya kebutuhan akan nutrisi bisa tercukupi dengan baik. Mengingat juga pemberian pakan yang bernutrisi juga penting bagi kesehatan ayam.

Pembuatan:

1. Potong-potong umbi talas atau daunnya ataupun batangnya sampai ukuran kecil atau kurang lebihnya berukuran dibawah 1 cm.

2.  Setelah umbi, daun atau batang talas sudah dicincang, selanjutnya campurkan semua bahan seperti beras dolog, dedak, serta tepung tulang menjadi satu. Setelah itu tambahkan air secukupnya dan kemudian direbus sampai semua bahan hancur dan tercampur rata. Dan perlu diingat juga sebelum mencampur semua bahan tersebut kalian harus memperhatikan takarannya. Contoh  untuk membuat pakan seberat 2 kg, sobat harus mencampurkan 1 kg umbi talas, ½ kg beras, ½ kg dedak dan untuk tepung tulangnya sendiri berikan sebanyak 1 sendok makan saja sudah dirasa cukup.

3. Bila pakan sudah tercampur rata lalu angkat dan didinginkan, bila sudah dingin siap diberikan pada ayam kampong atau ayam aduan juga bisa.

Dengan pemberian pakan alternatif ini secara rutin bisa dibilang hasilnya bagus karena selain bisa menekan biaya pakan hingga 40% yang menjadi tujuan utama ternyata juga bisa meningkatkan produktifitas telur. Namun biasanya ada kendala dari pakan alternatif ini yaitu soal adaptasi pakan ini. sebab ayam yang belum terbiasa dengan pakan ini kemungkinan tidak mau memakannya. Namun jika ayam dibiarkan lapar lama-lama ayam tersebut pasti akan memakannya dan akhirnya menjadi terbiasa. Dan akhirnya bisa menjadi pakan harian untuk ayam yang lebih murah tapi tetap berkualitas.

Sekian artikel tentang Pakan Alternatif Untuk Ayam Yang Murah Tetap Berkualitas, semoga tulisannya memberi manfaat untuk sobat penghobi ayam. Salam sukses ternak ayam.