Breaking

Thursday, 11 August 2016

Manfaat Media Pasir Sebagai Alas Kandang Ayam

Untuk ayam aduan ataupun ayam yang lain, alangkah baiknya gunakan alas dari pasir yang sebelumnya telah dibersihkan. Kemudian diisi dengan sedikit kerikil atau batu kecil. Alas pasir lebih baik dari pada menggunakan alas sekam atau malah tanpa alas (tanah). Memang sekam tidak sepenuhnya salah, namun sekam tidak menyerap bau yang dikeluarkan akibat dari menumpuknya kotoran yang dihasilkan oleh ayam.

Ada beberapa manfaat mengapa kita menggunakan pasir dibandingkan media yang lain:

1.    Bisa untuk membantu membersihkan kaki ayam yang kotor.
Media pasir yang sedikit tajam bisa membersihkan sela-sela kaki ayam yang kotor. Sehingga dapat mencegah penyakit pada kaki, contoh saja penyakit bubul dan tedun rambat atau bubul gantung.

2.    Mudah untuk dibersihkan.
Saat membersihkan kandang cukup gunakan sapu dan serok sampah, dengan media pasir maka kotoran yang ada diatasnya mudah diambil.

3.    Menjaga kelembapan kandang ayam.
Pasir sangat kering dan tidak memiliki kemampuan untuk mempertahankan kelembaban. Dengan begitu, jamur tidak mudah tumbuh. Ini sangat menguntungkan karena ayam tidak tahan terhadap media yang basah. Sehingga ayam akan lebih sehat.

4.    Menetralisir suhu udara kandang ayam
Bila suhu udara panas, media pasir justru bisa membantu menetralisir gelombang udara panas.

5.    Ramah lingkungan.
Pasir berasal dari alam yang pasti bebas dari zat-zat kimia berbahaya yang bisa merusak lingkungan.

Memang ada sisi kekurangan dari pasir, jika cuaca kering terus menerus bisa mengakibatkan debu yang cukup menjengkelkan. Maka dari itu jika anda tidak ingin terkena debunya, sesekali disemprot menggunakan sprayer air dengan tekanan ringan berbentuk gerimis. Selain menghilangkan debu, siraman tersebut bisa menetralisir virus dan kandang pun terasa sejuk dan nyaman. Kenyamanan kandang akan mengindarkan ayam jadi stress.
Setelah beberapa lama media pasir juga perlu di ganti. Proses pergantian sekali atau dua kali dalam setahun, tergantung keadaan pasir tersebut.

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan pasir sebagai alas kandang anda:

1.    Jika anggota keluarga ada yang mempunyai masalah pernafasan, sebaiknya jangan menggunakan pasir sebagai alas kandang karena dapat mengganggu pernafasan bagi yang sangat sensitif terhadap debu. Untuk menghindarinya, sebelum bekerja semprotlah pasir dengan selang dan kenakan masker untuk melindungi.

2.    Jika anda tinggal di daerah yang bersuhu sangat dingin maka pasir kurang cocok. Pada suhu dingin, pasir juga akan dingin sekali kecuali kalau anda mempunyai pemanas kandang.
Yang pasti jangan campurkan serpihan kayu atau jerami dengan pasir. Jika anda memiliki masalah dengan drainase, maka keadaan akan semakin buruk jika anda menambahkan jerami atau serbuk kayu.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa anda dapat menggunakan pasir jika kondisi memungkinkan. Jika ada sesuatu yang mengkhawatirkan terkait masalah kesehatan, anda perlu memikirkarkan ulang rencana anda tersebut. Bagaimanapun kesehatan anda dan keluarga adalah hal yang sangat berharga dan diutamakan. Anda ingin keluarga anda sehat, demikian juga ayam-ayam anda. Maka buatlah pilihan yang bijak. Sekian, semoga bermanfaat. Salam penghobi ayam laga.