Breaking

Manfaat Daging Kodok Sawah Untuk Ayam Aduan

Apa yang terlintas dipikiran sobat penghobi ayam laga ketika mendengar kata kodok sawah? Yah, bagi sebagian orang dewasa, hewan amfibi yang satu ini kerap membuat mereka merasa jijik bahkan takut. Tubuhnya yang pendek, gempal, berpunggung agak bungkuk, kulitnya yang halus dan lembab, serta kaki belakang yang panjang membuat beberapa orang merasa jijik terhadapnya.

Tapi, taukah anda bahwa daging kodok ini banyak manfaat untuk tubuh yang mengkonsumsinya, termasuk tubuh ayam aduan. Tapi perlu kehati-hatian dalam pemberiannya ke ayam, entah itu dari kebersihannya maupun kuantitasnya. Untuk menjamin kebersihan pemberiannya bisa seperti gambar di samping, karena biasanya bagian kulit kodok yang mungkin ada racunya. Pemberian kodok sawah pada ayam ini lebih baik sedikit dari pada terlalu banyak atau berlebihan.

Saya sendiri biasanya memberikan kodok sawah seukuran jempol tangan sebanyak 2 ekor seminggu sekali. Dan menurut pengalaman pribadi, pemberian kodok sawah ini dapat mendongkrak keagresifan si ayam dan memperkuat daya lompat saat memukul, sehingga menhasilkan pukulan bersih/tepat sasaran.

Baca juga:
Manfaat Udang dan Ikan Teri Untuk Ayam Aduan
Manfaatnya Keong Mas Bagi Ayam Aduan

Kandungan dalam Daging Kodok
Hewan itu sendiri memiliki beberapa kelebihan yang banyak digunakan dalam berbagai kepentingan. Di rumah-rumah makan Tionghoa, kodok sudah lama dikenal sebagai salah satu makanan yang lezat. Masakan itu dikenal dengan nama swie kee (swie: air, kee: ayam) karena paha kodok mengingatkan penikmatnya akan paha ayam. 

Adapun informasi rinci dari sumber informasi gizi, yang diteliti Food Weight per 100 gram daging hewan kodok adalah sebagai berikut:

•    Jumlah Kandungan Energi Kodok = 73 kkal
•    Jumlah Kandungan Protein Kodok = 16,4 gr
•    Jumlah Kandungan Lemak Kodok = 0,3 gr
•    Jumlah Kandungan Karbohidrat Kodok = 0 gr
•    Jumlah Kandungan Kalsium Kodok = 18 mg
•    Jumlah Kandungan Fosfor Kodok = 147 mg
•    Jumlah Kandungan Zat Besi Kodok = 1 mg
•    Jumlah Kandungan Vitamin A Kodok = 0 IU
•    Jumlah Kandungan Vitamin B1 Kodok = 0,14 mg
•    Jumlah Kandungan Vitamin C Kodok = 0 mg

Selain dapat digunakan untuk kepentingan pangan manusia, beberapa manfaat daging kodok juga  sangat berpengaruh terhadap kesehatan ayam. Beberapa manfaat tersebut ialah:

1. Sumber Protein Hewani
Daging kodok baik untuk kesehatan ayam sebab daging kodok adalah sumber protein hewani yang cukup tinggi. Bahkan daging kodok juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit pada ayam. Dan tentunya protein sbagai tenaga tambahan saat ayam latihan maupun bertarung.

2. Sebagai Antibiotik
Banyak dari ilmuwan yang mengetahui bahwa, kulit yang menempel pada daging kodok mengandung banyak zat yang berfungsi untuk membunuh mikroba-mikroba penyebab penyakit. Termasuk tim peneliti dari United Arab Emirates University, melakukan penelitian untuk memodifikasi zat yang terkandung dalam kulit yang menempel pada daging kodok agar dapat dimanfaatkan untuk manusia sebagai antibiotic, tentunya ini berlaku juga untuk ayam yang mengkonsumsinya.

3. Menyembuhkan Cidera dengan Cepat
Peneliti dari tim Prof Chris Shaw juga menemukan bahwa daging kodok fire-bellied yang memproduksi protein dapat membantu seseorang jika ingin sembuh dari cidera dalam waktu yang lebih cepat. Begitu juga dengan ayam aduan yang akan sering cidera karena bertarung, sehingga ini sangat berguna tentunya.

4. Kalsium dan Fosfor
Manfaat dari kodok sawah  untuk ayam yakni memenuhi kebutuhan kalsium tubuh, karena kandungan kalsium pada kodok cukup tinggi, baik untuk tulang dan paruh juga.

Baca juga:
Manfaat Bawang Putih Untuk Ayam Aduan
Manfaat Bekicot Untuk Ayam Aduan
Dan masih banyak lagi tentunya manfaat kodok sawah untuk ayam aduan. Tapi cukup sekian dulu pada tulisan ini, semoga bermanfaat. Salam penghobi ayam laga.