Breaking

Wednesday, 10 August 2016

Arti Sebuah Nama Untuk Jago Kesayangan

Sebagian penghobi atau peternak beranggapan bahwa terlalu berlebihan bila memberikan nama untuk jago aduan mereka. Tetapi jika ditinjau lebih dalam ternyata arti nama untuk jago sangat penting. Ayam aduan merupakan salah satu hewan yang jinak dan dapat mengenali juru rawatnya atau pemiliknya, hampir mirip seperti anjing, kucing, burung, dll. Kebiasaan memanggil dilakukan pada saat jago mempunyai suasana yang baik, misalnya pada saat dimandikan atau pada saat pemberian pakan. Dan yang paling penting adalah saat jago kita diadu, disinilah peran penting sebuah nama, panggilan dan aba-aba dari penghobi ( juru rawat) memberikan komando dan semangat untuk jago yang berlaga, panggilan nama akan menginstruksikan jago kapan harus solah dan kapan ancang-ancang memukul. Jadi pemberian nama bukan hanya memberikan identitas membedakan ayam kita saja, tapi lebih pada kepuasaan, greget dan makna penting di dalamnya

Baca juga:

Ayam Bangkok Asli Terideal di Thailand  
OBROLAN SANTAI TENTANG AYAM LAGA (OSTAL)

Pemberian nama pada ayam biasanya menyesuaikan dengan cara bertarung dan karakter ayamnya, contoh : ada ayam diberi nama Salju atau Stroom karena jika memukul efek yang ditimbulkan bagi lawan seperti ayam kedinginan alias gemetaran seperti kesetrum. 

Pemberian nama selain bertujuan untuk mempermudah identifikasi, nama juga bisa berarti doa, kenangan, kebiasaan dan lainnya. Atau juga untuk kedekatan kejiwaan dengan si pemiliknya.

Sekian, semoga bermanfaat. Salam penghobi ayam laga.