Breaking

Tips Memilih Ayam Aduan Bagus Berdasarkan Mata Ayam

Pembahasan ayam aduan memang mempunyai topik bahasan yang sangat banyak. Banyak ciri fisik yang harus diketahui sobat agar bisa mempunyai ayam aduan yang bisa dibanggakan. Misal bentuk ayam, warna ayam, bentuk kaki ayam, bentuk kepala ayam. Nah kali ini akan membahas mengenai bentuk mata ayam jago bagus. Selain membaca tentang katuranggan ayam bangkok dan ayam aduan lewat kitab primbon jawa,pembahasan kali ini akan sedikit mengulas ciri serta bentuk mata ayam bangkok aduan yang bisa menjadi juara di arena laga atau yang di sebuat ayam jagoan Gelanggang. Bagaimana ciri serta bentuk mata ayam bangkok yang selalu juara dan menangan jika di lagakan.?? 

Ayam bangkok yang bisa kita andalkan dalam arena laga, selain melihat katuranggan seperti ayam suro, ciri ayam nogo temurun, nogo mongso, nogo bondo, batu karang, batu lapak dan masih banyak jenis lainya yang sudah saya ulas di blog penghobi ayam laga ini.

Baca juga artikel terkait:

Maka dari itu, ciri ayam bangkok berkualitas jika kita lihat dari bentuk mata antara lainya sebagai berikut yang sesuai pengalaman serta pengamatan saya sebagai penghobi:
  • Pilihlah ayam aduan yang memiliki mata seperti mata ikan.
  • Bentuk mata yang jernih dan dalam kornea mata ayam utuh, banyak ayam aduan yang memiliki bentuk kornea matanya tidak utuh,alias setengah, kurang penuh dll.
  • Pada bagian mata memiliki selaput bulat indah jika kita pandang.
  • Mata ayam masuk ke dalam (cekung).

4 Bentuk ciri mata di atas yang di anggap sebagai mata ayam bangkok aduan berkualitas sering menjadi juara laga. Karena mata ayam yang menyerupai mata ikan, dalam hal pandangan dan penglihatan lebih awas, tajam dan cepat dalam menangkap pandangan.

Tak sedikit para juragan pemula yang memelihara atau menyukai ayam bangkok  yang masih memegang teguh  baik ciri ayam maupun katuraggan. Ataupun hanya dilihat dari tarungnya saja tanpa melihat tampak luarnya. Semua tidak ada masalah, tergantung kepercayaan dan niat hati serta perlakukan perawatan nya. Memperlakukan ayam bangkok dengan bagus dan istimewa tentunya  akan  memberikan hasil yang memuaskan bagi sang juragan.

Tak ada salahnya jika kita meyenangkan ayam, toh nantinya kita juga di buatnya gembira. Para juragan ayam aduan yang sering di buat kecewa oleh ayam aduannya, Mungkin saja cara memperlakukan dan perawatan nya kurang pas dan istimewa.

Coba mulai sekarang lakukan perawatan ayam seperti kita mendidik anak kita sendiri, mungkin hasil kerja yang kan di berikan ayam tersebut juga sama seperti apa yang kita berikan padanya.

Sperti hukum alam: apa yang kita berikan di dunia ini akan kembali pada kita. Kita memberi hal baik maka akan dapat hal baik pula dan sebaliknya.

Sekian, semoga bermanfaat.