Breaking

Tips Mengawinkan Induk Ayam Aduan

Teknik mengawinkan sendiri biasa di lakukan untuk mampu menghasilkan anakan ayam aduan yang berkualitas super. Pada umumnya satu penjantan ayam bangkok mampu untuk mengawini induk betina hingga 4-5 ekor.

Pada waktu kita akan mencari indukan ayam bangkok, alangkah baiknya di pilih indukan ayam yang memiliki kualitas unggul, atau bisa mendatangi tempat beternak ayam dan mencari indukan yang berkualitas serta juara dalam gelanggang.

Walaupun harga yang di patok lebih mahal, yang penting akan memberikan kepuasan tersendiri bagi kita jika kita bandingkan membeli indukan yang relatif sangat murah, akan tetapi bibit anakan yang di hasilkan tidak berkualitas dan tidak jelas. 

Sebenarnya para peternak ayam aduan sudah memahami tentang teknik mengawinkan indukan ayam aduan, artikel ini di kususkan kepada orang yang baru terjun di dunia ternak ayam aduan. Supaya lebih mudah mengerti serta memahami teknik dan cara mengawinkan ayam bangkok dengan benar.

Baca juga artikel tentang:
Mencetak Ayam Petarung Unggul
Beternak Ayam Aduan Dengan Cepat


Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menjodohkan dan mengawinkan induk ayam bangkok, yang pertama anda bisa menempatkan 3 atau 4 induk ayam aduan betina di sebuah kandang umbaran dan satu induk pejantan ayam aduan dalam satu kandang umbaran yang sama. Untuk ukuranya silahkan di sesuaikan sendiri, usahakan tempat tidak terlalu sempit, agar ayam bisa leluasa melakukan pergerakan dan bermain. Dengan demikian ayam tersebut akan kawin secara sendirinya.

Cara yang kedua dengan cara melakukan dog-dogan, yaitu dengan cara anda pegang induk betina dengan posisi ekor yang menghadap ke arah depan, selanjutnya sodorkan ke arah induk ayam jantan tersebut. Pada umumnya induk pejantan yang bagus akan langsung mengawini induk betina dengan cara menaiki badanya. Sebaiknya cara ini di lakukan setiap hari, agar semua telur induk betina bisa terbuahi secara sempurna.

Dengan melakukan kedua cara di atas, biasanya tak lama kemudian sang induk betina akan segera bertelur, asalkan induk jantan membuahinya dengan sempurna. Akan tetapi, cara yang paling baik dalam mengawinkan induk ayam bangkok dengan cara alami, biarkan ayam bangkok kawin sendiri, tanpa adanya paksaan dari sang juraganya.

Baca juga:
Untuk Pemula : Peluang dan Resiko Beternak Ayam Aduan
Tips Perawatan Anak Ayam Aduan Setelah Menetas

Dengan cara ini, indukan tersebut akan lebih menghasilan telur serta anakan yang lebih sempurna, tingkat keberhasilanyapun bisa mencapai 90%. Namun semua sesuai kesukaan dan minat masing-masing. Sebagai penulis hanya menyarankan yang terbaik untuk anda kususnya yang baru terjun di dunia ayam aduan. Sekian, semoga bermanfaat. Salam penghobi ayam laga.