MERAWAT AYAM BANGKOK MABUNG

0


1. Memastikan bahwa ayam telah memasuki periode ganti bulu, dgn cara melihat kandang ayam tersebut ada atau tidaknya beberapa helai bulu yg rontok utuh (bukan patahan). Apabila kondisi ini rontok bulu berlangsung terus selama seminggu dipastikan bahwa ayam memasuki periode ganti bulu.

2. Segera lakukan pencabutan bulu yg telah mati, misalnya bulu yg patah & di pangkal bulu berwarna putih (tdk berwarna gelap yg menandakan bulu msh aktif).

3. Pemberian makan voor (bisa 592 atau 594 dicampur dgn nasi utk mempercepat perontokan bulu yg tua).

4. Penempatan ayam di kandang yg gelap & teduh, namun tidak lembab. Hindarkan kandang dari sinar matahari.
Dalam seminggu akan terjadi proses perontokan bulu yg cepat.

5. Setelah mulai tumbuh bulu2 muda, ayam dimandikan smp basah, kemudian dijemur sebentar hingga bulunya kering & masukkan lagi dalam kandang yg gelap tadi.

6. Saat tumbuh bulu muda, berikan makanan beras merah yang direndam dicampur nasi. Hentikan pemberian voor.

7. Setiap 2 hari sekali, keluarkan ayam untuk dijemur sebentar dan tanpa perlu dimandikan.

8. Secara rutin, injeksi dgn vit B12 & Bcomplex setiap seminggu sekali & berikan minyak ikan 2 butir setiap hari.


 9. Ayam yang sedang mabung dikurung, dengan kondisi kurungan tertutup kain. Seperti burung murai yang berada dalam kurungan di krakap kain.

10. Biarkan selama 1 minggu jangan pernah di pindahkan dari kurungan dan jangan di buka krakapnya. Krakap dibuka hanya ketika diberi makan dan minum saja.
11. Beri makan "Krese" mungkin anda menyebutnya udang rebon.
12. Selama proses ini kotoran ayam tidak usah dibersihkan, dan sekali lagi krakap jangan dibuka. Tujuannya adalah agar tekanan kelembaban / suhu angat dalam kurungan tidak keluar. Hal inilah yang menyebabkan proses rontoknya bulu.
13. Setelah kurang lebih 1 minggu bulu-bulu yang lama rontok akan berganti dengan yang baru, krakap sudah boleh dibuka.
14. Untuk mempercepat tumbuhnya bulu, beri suplemen minyak ikan satu butir perhari, berikan selama tiga hari saja, karena jika terlalu banyak biasanya bulu yang tumbuh terlalu lembut


Baca Juga :
loading...

0 komentar:

Post a Comment

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut