Teknik Meruncingkan Jalu Ayam Petarung

0


Ayam laga terbaik merupakan ayam hasil seleksi dari ayam-ayam terbaik, dimana kriteria di dalamnya mencakup kemampuan ayam dalam melancarkan pukulan yang keras dan akurat, pukulan telak di satu tempat, teknik bertahan yang membuat lawan susah untuk melancarkan pukulan, serta memiliki ketahanan yang baik dalam menerima pukulan. 

Tipe ayam jika digolongkan berdasarkan jenis pukulan ayam, terdapat 2 tipe, yaitu ayam pukul dan ayam jalu. Ayam pukul mengandalkan kekuatan dalam bobot pukulannya, sementara ayam jalu lebih mengandalkan keakuratan jalunya sebagai senjata utama. Nah, kali ini kita akan mengupas lebih dalam mengenai ayam jalu, yaitu tentang meruncingkan jalu pada ayam. 

Mayoritas ayam tercipta untuk memiliki jalu, walaupun tidak sedikit pula ayam yang tidak memiliki jalu. Namun, jalu yang dimiliki ayam tidak selamanya selalu digunakan atau dalam bahasa umumnya "tidak semua jalunya dipakai". Maka dari itu, salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan meruncingkan jalu tersebut. Tujuan utamanya adalah agar jalu tersebut disetting agar tepat mengenai sasarannya, berdasarkan arah pukulan yang dimiliki ayam. 

Sebelum meruncingkan jalu, botoh diwajibkan mengenali karakteristik arah pukulan ayam. Hal inilah yang berpengaruh pada kemana arah jalu yang akan disetting yang menyesuaikan arah pukulan ayam. Yang pertama dilakukan adalah, siapkan alat-alat berikut ini.

1. Pisau kecil, untuk meruncingkan jalu.
2. Kertas Rempelas, untuk menghaluskan permukaan jalu

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut : 

1. Pegang kedua posisi kaki ayam menghadap ke belakang.
2. Raut jalu menggunakan pisau yang telah disediakan menyesuaikan arah pukulan ayam
3. Setelah dirasa cukup (perhatikan cempuri ayam dalam meraut jalu), gosok jalu dengan kertas rempelas hingga halus.

Cukup mudah kan.? Namun untuk itu tidak lengkap kalau kita tidak melihat bagaimana prakteknya. Nah, mari kita lihat tutorial meruncingkan jalu ayam melalui video berikut ini :
Video Meruncingkan Taji Ayam 


video
Baca Juga :
loading...

0 komentar:

Post a Comment

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut